Kekacauan di Tengah Gulita Venezuela, Krisis Air Hingga Renggut Nyawa

Warga Venezuela minum air dari saluran pipa limbah di Caracas (Reuters/Ivan Alvarado)
13 Maret 2019 21:05 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, CARACAS – Pemadaman listrik yang terjadi selama enam hari menyebabkan berbagai kekacauan di Venezuela. Selain merenggut korban jiwa, pemadaman listrik massal membuat warga terpaksa mengambil air limbah dari pipa pembuangan.

Bahkan, sejumlah orang di Venezuela nekat menjarah pertokoan di tengah gelap.

Dikabarkan Reuters, Selasa (12/3/2019), 70 wilayah di Venezuela tidak mendapat aliran listrik. Kejadian ini membuat kehidupan di Venezuela seolah kembali ke zaman primitif. Hampir semua aktivitas warga Venezuela lumpuh akibat tidak adanya listrik.

Pusat perbelanjaan di Kota Maracaibo, Venezuela, dijarah penduduk setempat. Hal ini terjadi karena penduduk kehabisan pasokan makanan. Ketiadaan listrik juga membuat mereka kesulitan mendapatkan air bersih. Alhasil, mereka terpaksa mengambil air limbah untuk memenuhi kebutuhan.

Krisis air menjadi salah satu dampak paling buruk dari pemadaman listrik di Venezuela. Presiden Nicolas Maduro mengatakan kekacauan ini akibat sabotase Amerika Serikat. Namun, pernyataannya dibantah oposisi. Mereka menyebut krisis ini sebagai bentuk ketidakbecusan pemerintah mengelola listrik negara.

Warga Ibu Kota Vanezuela, Caracas, butuh 20.000 liter air per detik. Namun, akibat pemadaman listrik, pasokan air menurun dan bahkan saat ini mereka tidak bisa mendapatkan air bersih.

Warga Venezuela, baik yang tinggal di apartemen maupun kampung mengeluhkan krisis air tersebut. Mereka menjadi jarang mandi, tidak bisa mencuci baju dan piring, serta membuat toilet berbau tak sedap.

Kini, warga Venezuela terpaksa memanfaatkan air limbah yang mengalir ke Sungai Guaire, Caracas. Mereka membawa jeriken untuk mengangkut air dari pipa pembuangan yang terlihat bersih. Padahal, kenyataannya air itu tidak layak dipakai, karena hanya bisa untuk membersihkan toilet dan mengepel lantai.