Sejarah Hari Ini: 13 Maret 624, Meletusnya Perang Badar

Lokasi yang diperkirakan sebagai medan Perang Badar. (Wikimedia.org)
13 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 13 Maret 624, Perang Badar yang melibatkan pasukan muslim pimpinan Nabi Muhammad dan pasukan Quraisy pecah di barat daya Kota Madinah. Perang tersebut berhasil dimenangi pasukan muslim.

Perang Badar merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 10 Maret yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 13 Maret yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 13 Maret:

624
Pasukan muslim pimpinan Nabi Muhammad bertempur dengan pasukan Quraisy di sebelah barat daya Kota Madinah. Dalam pertempuran tersebut, pasukan muslim meraih kemenangan. Pertempuran ini dikenang dengan sebutan Perang Badar.

1591
Tentara Dinasti Saadi dari Maroko yang dipimpin Judar Pasha mengalahkan pasukan Kekaisaran Songhai yang menguasai wilayah Mali. Padahal, jumlah tentara Songhai lima kali lebih banyak dibanding jumlah tentara Dinasti Saadi.

Alexander II. (Alexanderpalace.org)
1881
Kaisar atau Tsar Rusia, Alexander II, tewas di dekat istananya di Saint Petersburg karena serangan bom. Serangan bom tersebut dilakukan kelompok gerakan revolusi di negara tersebut.

1921
Panglima militer Rusia penentang Bolshevik, Roman von Ungern-Sternberg, memproklamasikan Mongolia sebagai kerajaan merdeka. Sebelumnya, Mongolia telah dikuasai Dinasti Qing sejak akhir abad ke-17. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia yang diproklamasikan itu tidak diakui Tiongkok sampai 1949.

1938
Jerman dan Austria bersepakat membentuk pasukan militer gabungan. Saat itu juga, Adolf Hitler secara lantang menantang negara yang berani merusak hubungan negaranya dengan Austria.

1943
Pasukan Jerman mulai membantai orang Yahudi di Ghetto Krakow, Polandia. Diperkirakan ada 2.000 orang Yahudi yang dianggap tak mampu bekerja untuk Jerman dieksekusi mati. Sebagian lainnya dipindahkan ke penampungan di Auschwitz.

1954
Pasukan Viet Minh yang dipimpin Vo Nguyen Giap melancarkan serangan artileri besar-besaran terhadap pasukan Prancis dalam Pertempuran Dien Bien Phu. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan Viet Minh sekaligus mengakhiri Perang Indochina I yang berlangsung sejak 19 Desember 1946.

Alexander II. (Alexanderpalace.org)
1957
Diperkirakan ada lebih dari 10.000 umat Katolik berkumpul di Vatikan untuk menyaksikan perayaan 18 tahun kepemimpinan Paus Pius XII. Perayaan tersebut juga dihadiri Presiden Republik Irlandia Sean T.O. Kelley dan Menteri Luar Negeri Spanyol Fernando Maria Castiella.

2006
Sebuah bangunan yang akan didgunakan untuk mengenang peristiwa Serangan 11 September di New York, Amerika Serikat (AS) mulai dibangun. Bangunan tersebut resmi dibuka tiga tahun berselang.

2010
Badai besar disertai petir melanda kawasan timur laut Amerika Serikat (AS). Banyak tiang listrik tumbang akibat badai tersebut. Selain itu, badai tersebut juga menyebabkan 500 juta rumah di kawasan timur laut AS tak dialiri listrik selama beberapa hari.