Temui Siti Aisyah di Istana, Jokowi: Ini Proses Panjang 2 Tahun Terakhir

Siti Aisyah (tengah) berfoto bersama ayah dan ibunya, Asria (kiri) dan Benah (kanan) saat acara serah terima Siti Aisyah dari Kementerian Luar Negeri kepada keluarga di Jakarta, Senin (11/3 - 2019). (Antara/Reno Esnir)
12 Maret 2019 16:30 WIB Amanda Kusumawardhani Internasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Siti Aisyah di Istana Negara hari ini, Selasa (12/3/2019), setelah lolos dari hukuman mati di Malaysia dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam. Siti pulang ke Indonesia pada Senin (11/3/2019) kemarin.

Siti Aisyah mengaku senang bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. "Ngobrol tanyain kabar aja," ujar Siti.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan kebebasan Siti Aisyah merupakan proses panjang dari upaya Pemerintah Indonesia dalam mendampingi kasus Siti Aisyah sejak dua tahun terakhir.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa Siti Aisyah sudah dapat terbebas dari ancaman hukuman yang sangat berat dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, bapak, ibunya, dan kakaknya," ujarnya saat menerima Siti Aisyah di Istana Merdeka, Selasa (12/3/2019).

Sejak dua tahun terakhir, Jokowi mengungkapkan pemerintah melalui sejumlah kementerian antara lain Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, telah melakukan pendampingan hukum dengan menyewa pengacara. Siti akhirnya dibebaskan dari tuntutan hukuman mati yang dilayangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Selangor, Malaysia.

Siti Aisyah dituntut hukuman mati atas tuduhan pembunuhan terhadap Kim Jong-nam kakak tiri dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada 13 Februari 2017 lalu.

Sumber : Bisnis/JIBI