Ledakan Keras di Sibolga, Densus 88 Kepung Rumah Terduga Pemilik Bom

ilustrasi ledakan bom. (Solopos/Whisnu Paksa)
12 Maret 2019 18:35 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, SIBOLGA -- Ledakan bom menggegerkan Kota Sibolga, Sumatra Utara, Selasa (12/3/2019) sore. Tak lama kemudian, Tim Detasemen Khusus (Densus) Anti Teror 88 dikabarkan mengepung sebuah rumah di Jl Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga.

Pengepungan dilakukan menyusul ledakan yang diduga kuat merupakan bom di sekitar lokasi tersebut. “Rumah itu meledak sekitar pukul 15.30 WIB. Telinga saya sempat berdengung ketika mendengar ledakan dan mencederai beberapa orang termasuk di antaranya ada petugas,” kata seorang warga sekitar.

Menurut informasi yang dilansir Suara.com dari Medanheadlines.com, Tim Densus 88 berupaya mengamankan rumah yang diduga kuat dihuni oleh teroris tersebut. “Kalau lebih jelasnya mengenai rumah yang meledak itu, saya kurang tahu. Tapi rumah itu disebut milik keluarga Uppang,” tuturnya.

Sebelumnya, warga Kota Sibolga dikejutkan dengan ledakan dahsyat yang terjadi di wilayah tersebut. Ledakan tersebut terjadi tepat beberapa hari sebelum Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke kota tersebut.

Suara ledakan yang dahsyat itu bersumber di kawasan permukiman warga Jl Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas. Warga pun dilarang mendekati lokasi ledakan hingga 200 radius meter

“Terdengar sekali ledakan,” kata seorang ibu yang merupakan warga di sekitar lokasi ledakan kepada Medanheadlines.com yang dilansir Suara.com. “Hanya dengar suara dentuman keras,” kata warga lainnya menambahkan ucapan rekannya.

Sementara pantauan di lokasi kejadian, terlihat ratusan masyarakat tengah memadati Jl Cendrawasih untuk melihat situasi yang terjadi. Puluhan aparat kepolisian bersenjata laras panjang kemudian memblokade lokasi, agar pihak-pihak yang tidak berkepentingan menjauh.

”Bapak-bapak, ibu-ibu kami mohon untuk menjauh ya… tolong… tolong,” ungkap petugas kepolisian melalui pelantang suara.

Sibolga adalah daerah yang hendak disambangi Presiden Jokowi. Sang presiden dijadwalkan berkunjung pada Minggu (17/3/2019) mendatang. Jokowi ke sana untuk meresmikan Pelabuhan Sambas Sibolga.

Sumber : Suara.com