Wow! Di Kota Ini Seekor Kambing Terpilih Jadi Wali Kota!

Lincoln, kambing yang terpilih sebagai wali Kota Fair Haven, Negara Bagian Vermont, AS. - Fox News
10 Maret 2019 16:05 WIB R Bambang Aris Sasangka Internasional Share :

Solopos.com, WASHINGTON, D.C.  – Sebuah kota kecil di Negara Bagian Vermont, AS, memilih seekor kambing berusia 3 tahun sebagai Wali Kota. Kambing yang bernama Lincoln itu menang tipis karena berhasil mengumpulkan 13 suara untuk menjadi Wali Kota Fair Haven. Dia mengalahkan kandidat lainnya, termasuk seekor anjing bernama Sammie dan Gerbil bernama Crystal.

Seperti diberitakan Anadolu Agency, Minggu (10/3/2019), Lincoln terpilih pada Kamis (7/3/2019) dalam pertemuan Town Meeting Day dan akan bertugas dengan jabatan itu selama satu tahun. Dia akan tampil di acara-acara lokal seperti Parade Marching Day, menurut sumber lokal. Kambing itu akan secara resmi menjabat mulai Selasa.

“Selamat untuk Lincoln, Wali Kota kesayangan baru Fair Haven! Ini pekerjaan besar, tidak main-main, tapi kau memperolehnya,” kata anggota kongres asal Vermont, Peter Welch, lewat Twitter. Fair Haven berpenduduk 2.500 jiwa dan selama ini memang tidak memiliki wali kota manusia.

Ini untuk kali pertama dalam sejarah kota itu memiliki walikota hewan peliharaan kehormatan. Lincoln turut serta dalam pemilihan suara setelah diserahkan oleh Christopher Stanton, guru matematika, atas nama cucunya yang berusia 4 tahun, Sullivan Clark, dengan dasar bahwa "dia adalah kambing yang sangat baik," menurut surat kabar Rutland Herald.

Manajer Kota Joseph Gunter, yang merupakan pemimpin sesungguhnya wilayah tersebut, mengatakan kepada Herald bahwa awalnya dia memunculkan gagasan itu sebagai penggalangan dana untuk taman bermain. Gunter kemudian memutuskan untuk mengubah gagasan itu menjadi pelajaran kewarganegaraan bagi anak-anak tentang pemerintah daerah.

Sumber : Newswire