Sejarah Hari Ini: 9 Maret 1945, AS Jatuhkan 2.000 Bom di Tokyo

Kerusakan di Tokyo, Jepang setelah dibombardir pasukan AS, 9 Maret 1945. (Wikimedia.org)
09 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang Jepang dengan menjatuhkan 2.000 bom di Kota Tokyo, 9 Maret 1945. Serangan tersebut diperkirakan telah menewaskan sekitar 80.000 orang.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 9 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 9 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

Ilustrasi sosok Amerigo Vespucci (Theflorentine.net)
1454
Amerigo Vespucci lahir di Florence, Republik Florence (sekarang di Toskana di Italia). Ia lantas dikenal luas sebagai penjelajah yang menemukan benua baru di belahan barat yang kemudian diberi nama Amerika. Nama Amerika diadaptasi dari nama Amerigo untuk menghormati jasanya sebagai penemu benua yang dianggap baru oleh bangsa Eropa pada saat itu.

1769
Kaisar Prancis menikahi seorang janda beranak dua, Josephine de Beauharnais. Setelah dirudung beberapa aksi selingkuh dan kenyataan bahwa Josephine tidak dapat menghasilkan anak bagi Napoleon, keduanya bercerai pada 10 Januari 1810.

1842
Untuk kali pertama, penemuan emas di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS) didokumentasikan. Selang enam tahun kemudian, James W. Marshall menemukan tambang emas di Sutters Mill, dekat Sacramento, California. Penemuan tambang emas itu memicu banyak orang berbondong-bondong ke California untuk mencari emas sehingga tercipta fenomena yang disebut Calfornia Gold Rush atau Demam Emas California.

Wage Rudolf Supratman. (Wikimedia.org)
1903
Wage Rudolf Supratman lahir di Somongari, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia—dulu masih bernama Hindia Belanda—dari rahim Siti Senen. Supratman kemudian dikenal luas hingga kini sebagai pengarang lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya.

1916
Ratusan Gerilyawan Meksiko di bawah pimpinan Francisco Villa menyerang Kota Colombus di New Meksiko untuk merebutnya dari tangan Amerika Serikat (AS). Selain memimpin serangan tersebut, Francisco Villa juga berperan dalam sejumlah serangan gerilayawan Meksiko selama Revolusi Meksiko.

1920
Dalam Perang Dunia I, Pasukan Sekutu yang terdiri atas Prancis, Belgia, dan Inggris menyerang sejumlah kota besar di Jerman. Kota di Jerman yang dibombardir pasukan sekutu kala itu ialah Dusseldorf, Duisburg, and Ruhrort.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang Jepang dengan menjatuhkan 2.000 bom di Kota Tokyo. Serangan tersebut diperkirakan telah menewaskan sekitar 80.000 orang. Selain itu, sebagian besar kawasan di Tokyo telah luluh lantak dilalap api.

1956
Pemerintah Inggris yang menguasai Siprus mengusir Uskup Agung Makarios yang saat itu menjabat sebagai pemimpin Siprus untuk mengurangi ketegangan di negara tersebut. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, ketegangan justru makin memanas dan pada akhirnya Inggris harus memberikan kemerdekaan kepada Siprus pada 1959.

1959
Boneka Barbie untuk kali pertama dipamerkan sekaligus dijulal dalam Festival Mainan Amerika di New York, Amerika Serikat (AS). Dalam festival itu, boneka yang diciptakan Ruth Handler tersebut dijual dengan harga US$3.

2014
Sebuah kapal yang mengangkut imigran Afrika tenggelam di laut dekat Yaman. Sebanyak 42 penumpang tenggelam dan 30 lainnya berhasil diselamatkan anggota Angkatan Laut Yaman yang sedang berpatroli.