Sejarah Hari Ini: 8 Maret 1942, Indonesia Dikuasai Jepang

Pasukan Jepang saat menginvasi wilayah Pulau Jawa. (Wikimedia.org)
08 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, diwakili Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten, resmi menyerah tanpa syarat kepada Jepang., tepat pada 8 Maret 1942. Belanda secara resmi menyerahkan kekuasaannya di Hindia-Belanda—kini Indonesia—kepada Jepang.

Penyerahan kekuasaan di Indonesia itu merupakan salah satu peristiwa pada 8 Maret yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 8 Maret:

Diego Garcia de Palacio. (Historiageneral.com)
1576
Seorang penjelajah asal Spanyol, Diego Garcia de Palacio, menjadi orang pertama yang menemukan reruntuhan milik Suku Maya di kawasan yang kini dikenal dengan nama Kota Copan di Honduras. Suku Maya sempat menghebohkan dunia setelah beredar sistem kalendernya yang berakhir pada 2012. Sebagian orang menganggap akhir dari sistem kalender Suku Maya itu juga sebagai akhir dunia alias kiamat.

1801
Pasukan Inggris berlabuh di Mesir untuk mengusir pasukan Prancis dari Mesir dan Suriah. Dalam peristiwa itu, pasukan Inggris yang dipimpin Ralph Abercromby berhasil mengusir tentara Prancis pimpinan Louis Friant.

1916
Pasukan Inggris yang dipimpin Letnan Jenderal Fenton Aylmer gagal mempertahankan wilayah Kut—sekarang Irak—setelah dibombardir tentara Kekaisaran Ottoman pimpinan Colmar Freiherr von der Goltz. Salah satu pertempuran antara kedua negara selama Perang Dunia I itu dikenang dengan nama Pertempuran Dujaila.

1917
Kekaisaran Rusia resmi bubar setelah Kaisar atau Tsar Nicholas II turun tahta menyusul demonstrasi besar-besaran yang dilakukan rakyat Rusia. Turunnya Tsar Nicholas II itu juga menjadi awal pemerintahan partai komunis di Rusia.

1942
Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, diwakili Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten, resmi menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian antara kedua negara di Kalijati, Subang, Jawa Barat (Jabar). Belanda secara resmi menyerahkan kekuasaannya di Hindia-Belanda—kini Indonesia—kepada Jepang.

1947
Sebanyak 13.000 pasukan Tiongkok menyerang Taiwan menyusul unjuk rasa anti-pemerintah Tiongkok yang dilakukan warga Taiwan beberapa hari sebelumnya. Serangan tersebut menewaskan ribuan rakyat Taiwan.

Vincent Auriol. (Thefamouspeople.com)
1949
Presiden Prancis, Vincent Auriol, memberikan keleluasaan kepada tetara Vietnam Selatan untuk melawan tentara Vietnam Utara pimpinan Ho Chi Minh. Kala itu, pasukan Vietnam Utara memang berusaha mencaplok kawasan Vietnam Selatan dari genggaman Prancis.

1957
Terusan Suez yang menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah kembali dibuka setelah sempat ditutup karena sejumlah konflik yang melibatkan Mesir dan Israel. Pembukaan kembali terusan tersebut dikarenakan Israel telah menarik pasukannya yang sempat menduduki kawasan Mesir dekat Terusan Suez.

1985
Sebuah bom mobil meledak di Beirut, Lebanon dan menewaskan 45 orang serta melukai setidaknya 175 orang. Bom tersebut diduga akan digunakan untuk menyerang pemuka Syiah di kawasan tersebut, Sheikh Muhammad Husain Fadlallah.

2010
Angkatan Laut Prancis yang menggunakan peralatan perang milik Uni Eropa berhasil meringkus 35 orang bajak laut di laut dekat Somalia. Misi ini adalah yang paling sukses yang pernah dilakukan menggunakan peralatan tempur milik Uni Eropa selama ini.