Paus Terdampar di Tengah Hutan Amazon Bikin Peneliti Bingung

Paus bungkuk yang terdampar di Hutan Amazon. (Instagram/bicho_dagua)
05 Maret 2019 00:00 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOURE — Seekor paus bungkuk berukuran cukup besar ditemukan terdampar di tengah Hutan Amazon, tepatnya di Soure, Brasil, Jumat (22/2/2019) lalu.

Penemuan paus di tengah hutan itu memunculkan beragam pertanyaan di kalangan peneliti karena paus merupakan mamalia yang hidup di laut.

Dikutip dari Mirror, Senin (4/3/2019), bangkai paus itu memiliki berat 10 ton dan panjang delapan meter. Bangkai paus tersebut ditemukan cukup jauh dari bibir pantai.

Perwakilan departemen kesehatan setempat, Dirlene Silva, adalah orang pertama yang menemukan bangkai paus tersebut. Ia menemukan bangkai paus itu karena penasaran dengan keberadaan burung pemakan bangkai yang ada di sekitarnya.

Dugaan sementara, paus yang mengalami kisah tragis itu terdampar di Hutan Amazon karena gelombang besar laut saat fenomena Supermoon beberapa waktu silam.

Akibat tingginya gelombang laut, paus malang tersebut terbawa arus dan masuk ke Sungai Amazon dan kemudian terlempar ke tengah hutan.

Hingga Minggu (3/3/2019), penyebab pasti terdamparnya paus tersebut belum bisa diketahui.

Salah satu komunitas yang menyoroti masalah lingkungan, Bico Dagua, melalui media sosial Instagram, menyatakan paus tersebut tergolong masih muda dan diduga bingung mencari jalan pulang saat terbawa gelombang laut.