Inggris Kini Punya Penjara Transgender di London

Ilustrasi sel isolasi dalam penjara. (vice.com)
05 Maret 2019 01:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, LONDON Pemerintah Inggris mengumumkan pembukaan penjara pertama untuk kaum transgender pada pekan ini. Tahanan yang telah mendapat sertifikat pengakuan gender bakal ditempatkan di sel khusus di Her Majesty Prison (HMP) Downview, Sutton, London, Inggris.

Dikabarkan BBC, Senin (4/3/2019), unit khusus transgender tersebut berada di penjara wanita di London Selatan. Pekan ini, sel khusus transeksual bakal dihuni tiga orang pria yang telah mengubah gendernya menjadi wanita.

Kementerian Kehakiman Inggris menyatakan sel transeksual tersebut telah lama digagas. Pembukaan sel tersebut menjadi bukti kepedulian terhadap hak kaum transeksual.

Jumlah tahanan transeksual di Inggris cukup banyak. Berdasarkan data dari BBC Reality Check, pada Agustus 2018 lalu tercatat ada 125 tahanan transeksual di negara bagian England dan Wales, serta 17 di Skotlandia.

Sementara itu, HMP Downview merupakan penjara wanita yang beroperasi sejak 2001. Penjara itu ditutup pada 2013-2014. Pada 2016, penjara ini kembali dibuka dengan kapasitas 355 orang. Kebijakan pembangunan penjara khusus transgender diawali kasus Karen White beberapa waktu lalu.

Karen White merupakan terdakwa kasus kekerasan seksual terhadap dua narapidana wanita di penjara New Hall, Wakefield. Atas tindakan tersebut, dia dijatuhi hukuman seumur hidup karena dianggap sebagai predator.

Kebijakan penjara khusus transgender ini dianggap sebagai solusi. Sebab, selama ini kaum transeksual dianggap membahayakan narapidana wanita ataupun sebaliknya.