Sejarah Hari Ini: 4 Maret 1621, Pemerintahan Batavia Dibentuk

Lukisan berjudul Kastil Batavia Dilihat dari Kali Besar Barat karya Andries Beeckman, 1656, yang menggambarkan suasana Batavia atau kini Jakarta. (Wikimedia.org)
04 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 4 Maret 1621, Pemerintah Hindia-Belanda membentuk pemerintahan Batavia di pelabuhan bernama Jayakarta yang direbut dari kekuasaan Kesultanan Banten.

Pembentukan pemerintahan Batavia itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 4 Maret yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 4 Maret yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 4 Maret:

1238
Pertempuran antara pasukan Mongol dan pasukan Vladimir meletus di kawasan yang kini disebut Yaroslavl di Rusia. Pasukan Mongol yang dipimpin Batu Khan berusaha menginvasi Kerajaan Vladimir yang berada di bawah kekuasaan Yuri II. Bentrok kedua pasukan itu kini dikenal dengan nama Pertempuran Sungai Sit.

1493
Penjelajah asal Italia Christopher Colombus tiba di Pelabuhan Lisbon, Portugal setelah melakukan perjalanan panjang. Dalam perjalanannya itu, ia mengaku telah menemukan pulau yang kini disebut dengan Bahama dan pulau-pulau kecil lainnya di wilayah Karibia.

Hernan Cortes. (History.com)
1519
Penjelajah asal Spanyol Hernan Cortes tiba di wilayah yang kini dikenal sebagai Meksiko. Cortes kemudian mengklaim tanah Meksiko sebagai kekuasaan Kerajaan Kastilia di Spanyol. Hal itu merupakan awal mula kolonisasi Spanyol atas wilayah Amerika. Kini, nama Cortes dikenal sebagai penakluk Meksiko.

1621
Pemerintah Hindia-Belanda membentuk pemerintahan Batavia di pelabuhan bernama Jayakarta yang direbut dari kekuasaan Kesultanan Banten. Nama Batavia digunakan hingga 1942 dan diubah menjadi Jakarta setelah Jepang berhasil merebutnya dari Belanda.

1665
Raja Inggris Charles II menyatakan perang terhadap Belanda. Deklarasi perang itu kemudian memicu Perang-Inggris Belanda II yang berlangsung hingga 31 Juli 1667. Perang tersebut berakhir dengan kemenangan Belanda.

1913
Salah satu pertempuran antara Kesultanan Ottoman dan Yunani di masa Perang Balkan I meletus di Janina Vilayet, Kesultanan Ottoman atau kini Bizani, Yunani. Pertempuran tersebut berlangsung selama tiga hari dan berhasil dimenangi pasukan Yunani yang berhasil merebut wilayah Ioannina dari Kesultanan Ottoman.

1941
Pasukan Inggris melancarkan Operasi Claymore demi mengalahkan pasukan Jerman di Pulau Lofoten, Norwegia. Operasi tersebut kemudian dianggap sebagai serangan besar pertama yang dilancarkan Inggris semasa Perang Dunia II.

1944
Pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan besar-besaran ke Kota Berlin, Jerman. Serangan tersebut terhitung gagal karena AS harus kehilangan sekitar 8,9% kekuatannya di Berlin.

John Lennon. (Youtube)
1966
Vokalis The Beatles, John Lennon, melontarkan pernyataan yang menyebut The Beatles lebih populer dibanding Yesus Kristus. Pernyataan kontroversial Lennon itu kemudian dimuat di salah satu surat kabar di Inggris, London Evening Standard. Pernyataan itu kemudian mengakibatkan The Beatles dilarang menggelar konser di beberapa tempat.

2002
Salah satu pertempuran antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan kelompok Al-Qaeda di masa Perang Afganistan meletus di Takur Ghar, Afganistan. Sehari kemudian, pasukan AS menyatakan kemenangannya setelah menumpas sedikitnya 200 pejuang Al-Qaeda dan hanya kehilangan tujuh tentaranya.