Sejarah Hari Ini: 3 Maret 1924, Kekhalifahan di Turki Dibubarkan

Khalifah terakhir di Turki, Abdulmejid. (Wikimedia.org)
03 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Sistem kekhalifahan di Turki secara resmi dibubarkan, 3 Maret 1924. Kekhalifahan di Tukri dibubarkan setelah Majelis Agung Nasional Turki mendeklarasikan Republik Turki pada 29 Oktober 1923.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 3 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 3 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1857
Inggris dan Prancis mendeklarasikan perang terhadap Tiongkok. Perang tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Perang Candu II lantaran dianggap sebagai buntut dari Perang Candu sebelumnya. Perang Candu II berlangsung sampai 24 Oktober 1860 dan berakhir dengan kemenangan Inggris dan Prancis.

1878
Bulgaria meraih kemerdekaan setelah hampir lima abad berada di bawah kekuasaan Kesultanan Ottoman. Kemerdekaan Bulgaria itu diraih setelah Kesultanan Ottoman kalah dari Rusia dalam Perang Turki-Rusia yang berlangsung sejak 1877.

1918
Rusia menandatangani Perjanjian Brest-Litovsk di Polandia dengan negara anggota Blok Sentral, yakni Jerman, Austria, Bulgaria, dan Kekaisaran Ottoman. Perjanjian itu sekaligus mengakhiri keterlibatan Rusia dalam Perang Dunia I sekaligus berujung pada kemerdekaan Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania dan Polandia dari Rusia.

1924
Sistem kekhalifahan di Turki secara resmi dibubarkan. Kekhalifahan di Tukri dibubarkan setelah Majelis Agung Nasional Turki mendeklarasikan Republik Turki pada 29 Oktober 1923.

Lirik dan tangga nada Lagu Kebangsaan AS, The Star-Spangled Banner. (Wikimedia.org)
1931
Setelah lebih dari satu abad dibuat, lirik puisi berjudul The Star-Spangled Banner karya Francis Scott Key ditetapkan sebagai lirik dari Lagu Kebangsaan Amerika Serikat (AS) dengan judul yang sama. Puisi itu ditulis Key saat pasukan AS di Maryland dengan sekuat tenaga mempertahankan bendera AS agar tetap berdiri dari serangan Inggris.

1945
Pasukan Filipina yang dibantu tentara Amerika Serikat (AS) berhasil merebut Kota Manila dari Jepang. Sebelumnya, rangkaian pertempuran sengit terjadi demi memperebutkan kota tersebut.

Mahatma Gandhi. (Indiatoday.com)
1939
Mahatma Gandhi melakukan aksi protes kepada pemerintahan Inggris di India dengan berpuasa. Aksi ini adalah awal seruannya untuk mengusir Inggris dari India.

1974
Pesawat penumpang Turkish Ailines jatuh di dekat Paris, Prancis dalam perjalanannya dari Turki menuju London, Inggris. Kecelakaan pesawat itu menewaskan semua penumpang berjumlah 345 orang.

2009
Sebanyak 12 orang menyerang bus berisi anggota Tim Nasional Kriket Sri Lanka yang akan berlaga di Stadion Gaddafi di Lahore, Pakistan. Enam anggota tim kriket, enam polisi Pakistan, dan dua warga lain tewas tertembak dalam serangan tersebut. Serangan itu diduga dilakukan kelompok separatis Macan Tamil.

2013
Sebuah bom meledak di kawasan Karachi, Pakistan yang kebanyakan warganya adalah kaum Syiah. Serangan bom itu menewaskan 45 orang dan melukai sedikitnya 180 orang.