Sejarah Hari Ini: 2 Maret 1957, Deklarasi Pendirian Permesta

Letkol Ventje Sumual, orang yang mendeklarasikan pendirian Permesta di Makassar, 2 Maret 1957. (Youtube)
02 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pendirian Perdjuangan Semesta (Permesta) dideklarasikan oleh Letkol Ventje Sumual di Makassar, tepat pada 2 Maret 1957.Permesta lantas dibubarkan pada 1961 karena dianggap mengarah kepada gerakan pemberontakan.

Deklarasi Pendirian Permesta itu merupakan salah satu peristiwa pada 2 Maret yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 2 Maret:

1127
Pemimpin Flandaria Charles I dibunuh sekelompok ksatria kala berdoa di gereja. Pembunuhan itu memicu kemarahan publik Flandaria dan nama Charles I kemudian dianggap sebagai seorang martir dan santo. Keluarga Erembald yang merencanakan dan melakukan pembunuhan terhadap Charles, ditawan dan disiksa sampai mati oleh rakyat yang marah di Bruges dan Ghent.

1836
Texas meraih kemerdekaan penuh dari Meksiko. Wilayah Texas menjadi negara berdaulat yang berdiri sendiri dengan nama Republik Texas. Pada 1846, Texas resmi menjadi salah satu negara bagian di Amerika Serikat (AS).

Tsar Nicholas II. (History.com)
1917
Kasiar Rusia atau Tsar, Nicholas II, dipaksa turun tahta oleh rakyatnya karena telah memerintah para penjaga untuk menembak mati para demonstran yang berunjuk rasa di depan Istana. Turunnya Tsar Nicholas II ini sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Romanov di Rusia yang telah berlangsung selama 300 tahun.

1931
Mikhail Gorbachev lahir di Stavropol, Rusia dengan nama lengkap Mikhail Sergeyevich Gorbachev. Ia lantas dikenal luas sebagai pemimpin Uni Soviet periode 1985 hingga 1991. Pada masa pemerintahannya, Gorbachev melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik yang secara langsung maupun tidak langsung memicu bubarnya Uni Soviet.

1943
Pertempuran antara pasukan Sekutu dan pasukan Jepang meletus di Laut Bismarck, dekat Papua Nugini. Pertempuran itu berlangsung selama tiga hari dan dimenangi pasukan Sekutu.

1946
Nguyen Sinh Cung atau yang dikenal dengan nama Ho Chi Minh dilantik sebagai Presiden Vietnam Utara. Ia berjasa dalam penggabungan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Ho Chi Minh memimpin serangan ke Vietnam Selatan yang kala itu diduduki Amerika Serikat (AS). Serangan ke Vietnam Selatan itu dikenal dengan sebutan Viet Cong. Ibu Kota Vietnam, Saigon, diubah namanya menjadi Kota Ho Chi Minh untuk mengenang jasa-jasanya.

1957
Pendirian Perdjuangan Semesta (Permesta) dideklarasikan oleh Letkol Ventje Sumual di Makassar. Permesta adalah sebuah gerakan militer di Indonesia. Gerakan Permesta kemudian mengarah kepada gerakan pemberontakan terhadap Indonesia. Permesta lantas dibubarkan pada 1961.

1969
Pesawat supersonik hasil kerja sama antara Inggris dan Prancis yang dinamai Concrode melakukan penerbangan pertamanya dan berhasil menembus kecepatan 300 mil per jam. Tujuh tahun kemudian, Concrode memulai penerbangan komersial pertama untuk menyeberangi Samudra Atlantik.

Tsar Nicholas II. (History.com)
1968
Daniel Wroughton Craig lahir di Chester, Cheshire, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai aktor di beberapa film layar lebar. Daniel merupakan pemeran James Bond sejak 2006 menggantikan aktor sebelumnya, Pierce Brosnan.

1969
Pertempuran yang melibatkan dua kekuatan komunis terkuat di dunia, Uni Soviet dan Tiongkok, meletus di Sungai Ussuri, sebelah timur Uni Soviet. Pertempuran itu disebabkan masalah perbatasan antara kedua negara.