Kim Jong Un Bersedia Denuklirisasi dan Buka Kantor Diplomatik dengan Amerika

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un . - Reuters
01 Maret 2019 02:10 WIB Nirmala Aninda Internasional Share :

Solopos.com, HANOI - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh wartawan dari Amerika Serikat sebelum dirinya dan Presiden AS Donald Trump melanjutkan agenda pertemuan dengan sejumlah pejabat dari kedua belah pihak.

Dia menyampaikan melalui penerjemah bahwa dia tidak akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi ini jika dia enggan melakukan denulikrisasi.

Kim juga mengatakan bahwa AS dan Korea Utara rencana pembukaan kantor diplomatik di masing-masing negara akan menjadi ide yang disambut baik meskipun realisasinya belum tentu dilakukan. Trump menanggapi rencana ini sebagai ide bagus. "Menurut saya juga ini ide yang sangat baik bagi kedua belah pihak," tukas Trump kepada wartawan, seperti dikutip melalui Bloomberg, Kamis (28/2/2019).

Dalam konferensi pers pagi tadi, Trump menyampaikan bahwa pembicaraan sejauh ini berjalan sangat produktif dan memamerkan bahwa ini adalah bentuk hubungan baik antar kedua negara yang pernah ada.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan, dalam bahasa Korea, Kim bertanya kepada Trump apakah wartawan dapat meninggalkan ruangan. "Satu menit saja sangat berharga bagi kami," ujar Kim.

Agenda pertama Trump dan Kim hari ini selesai pada pukul 10.45 waktu setempat. Pihak Gedung Putih mengatakan mereka akan istirahat sejenak dan melanjutkan pertemuan bilateral dengan topik pembicaraan yang lebih luas.