Guru Ini Nekat Jalan Kaki 100 Km Demi Tonton Donald Trump dan Kim Jong Un

Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Pemimpin Korut Kim Jong/un (kanan). (Reuters/Jonathan Ernst)
01 Maret 2019 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, HANOIPertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, Rabu (27/2/2019), menyedot perhatian. Kawasan di sekitar Hotel Metopole Hanoi, Vietnam, tempat berlangsungnya acara tersebut dipenuhi warga setempat, turis, serta wartawan dari berbagai negara.

Seorang warga Vietnam, Trinh Dang, nekat berjalan kaki dari kediamannya di Thai Binh ke Hanoi demi menyaksikan pertemuan bersejarah itu. Dia menempuh perjalanan sekitar 100 kilometer demi menjadi saksi pertemuan antara Presiden Amerika Serikat dan Pemimpin Korea Utara tersebut.

Trinh Dang yang berprofesi sebagai guru ditemani dua temannya, Ngo Thao dan Giang Yen, menempuh perjalanan panjang tersebut. Mereka nekat berjalan kaki demi melihat langsung pertemuan bersejarah tersebut karena sangat tertarik dengan isu Korea Utara.

Trinh Dang mengaku sangat tersentuh saat melihat foto maupun tayangan pertemuan orang-orang yang terpisah akibat Perang Korea 1950-1953. "Saya berharap bisa mengunjungi Seoul suatu hari nanti dari Hanoi menggunakan kereta," kata Trinh Dang seperti dikutip dari The Korea Herald, Kamis (28/2/2019).

Diberitakan sebelumnya, Donald Trump dan Kim Jong Un gagak mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea. Padahal, kedua belah pihak berharap pertemuan ini meningkatkan hubungan. Sayangnya, pertemuan di Vietnam itu tidak mencapai kesepakatan apapun.