India Berupaya Bebaskan Pilot yang Ditahan Pakistan

Wing Commander Abhinandan, pilot AU India yang ditahan Pakistan setelah pesawat tempurnya ditembak jatuh, terlihat dalam foto yang dirilis otoritas Pakistan pada Rabu (27/2/2019). - JIBI/Solopos/Reuters
28 Februari 2019 16:42 WIB R Bambang Aris Sasangka Internasional Share :

Solopos.com, CHANDIGARH - India pada Kamis (28/2/2019) menyatakan terus mengupayakan pembebaskan pilot tempurnya yang ditahan Pakistan setelah pesawatnya ditembak jatuh. Sebelumnya pada Rabu Pakistan menyatakan menembak jatuh dua pesawat tempur India yang memasuki wilayah kedaulatannya.

"Wing Commander [setingkat letnan kolonel] Abhinandan adalah wujud tentara yang tangguh, tak mementingkan diri sendiri, dan berani,” kata Menteri Negara Urusan Luar Negeri India V.K. Singh dalam cuitan di Twitter, Kamis pagi, seperti diberitakan Anadolu Agency. “Upaya kami terus dilakukan dan berdasarkan Konvensi Jenewa kami berharap pilot pemberani ini bisa segera pulang,” imbuh dia.

Ketegangan meningkat pesat di antara kedua negara bertetangga yang dulunya adalah satu wilayah tunggal jajahan Inggris ini. Awal pekan ini India melakukan serangan udara ke wilayah Pakistan di lokasi yang menurut India menjadi tempat kamp pelatihan kelompok militan Jaesh-e-Mohammad. Kelompok ini dituding sebagai pelaku pemboman di Kashmir, wilayah yang dipersengketakan India dan Pakistan, yang menewaskan puluhan personel keamanan India, pertengahan Februari lalu.

Sebagai balasan serangan udara India itu Pakistan juga mengirimkan pesawat mereka memasuki wilayah India. Sementara pasukan darat kedua negara terlibat baku tembak artileri di sejumlah lokasi di sepanjang Line of Control atau garis perbatasan kedua negeri di wilayah Kashmir. Pakistan juga mengklaim menembak jatuh dua pesawat India, sementara India juga mengklaim menembak jatuh satu pesawat Pakistan.

Sumber : Newswire