Akibat Konflik India-Pakistan, Sejumlah Bandara India Tutup

Para calon penumpang mengantri di depan gerai-gerai maskapai penerbangan di Bandara Jammu, Negara Bagian Jammu, India, untuk membatalkan penerbangan setelah bandara itu dan sejumlah bandara lain di India utara ditutup akibat pecahnya konflik militer dengan Pakistan, Rabu (27/2/2019). - JIBI/Solopos/Reuters
27 Februari 2019 16:38 WIB R Bambang Aris Sasangka Internasional Share :

Solopos.com, NEW DELHI – Sejumlah maskapai penerbangan India menyetop penerbangan ke setidaknya enam kota di India utara pada Rabu (27/2/2019). Sejumlah bandara di wilayah itu juga ditutup sementara akibat memanasnya konflik antara India dan Pakistan.

IndiGo, maskapai penerbangan pemegang pangsa pasar terbanyak India, pesaingnya sesama maskapai berbiaya rendah GoAir, serta maskapai berpelayanan penuh Jet Airways dan Vistara, menyatakan penerbangan ke sejumlah bandara ditunda atau dihentikan untuk sementara waktu.

Maskapai-maskapai itu dalam pernyataan di akun Twitter masing-masing menyebut penerbangan ke sejumlah kota seperti Amritsar, Chandigarh, Dehradun, Jammu, Leh, dan Srinagar ikut terdampak akibat penutupan ruang udara penerbangan atau penutupan bandara.

India pada Rabu menutup sejumlah bandara di wilayah utara negeri itu setelah pesawat-pesawat tempur Pakistan menerobos ke wilayah Kashmir India.

Bandara di sejumlah kota seperti Amritsar, Pathankot, Jammu, Leh, dan Chandigarh juga ditutup. Bandara utama di Srinagar, ibu kota musim panas Negara Bagian Jammu dan Kashmir juga ditutup selama tiga jam. Di Bandara Jammu, Negara Bagian Jammu, ratusan penumpang terlihat merubung gerai-gerai maskapai penerbangan untuk membatalkan tiket mereka setelah bandara itu ditutup.

Sumber : Reuters