Sejarah Hari Ini: 27 Februari 1942, Pertempuran Laut Jawa Pecah

Kapal milik Belanda dibom pasukan Jepang menggunakan pesawat pada saat Pertempuran Laut Jawa, 27 Februari 1942. (Wikimedia.org)
27 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Sekutu meletus di Laut Jawa, tepat pada 27 Februari 1942. Pertempuran Laut Jawa berhasil dimenangi pasukan Jepang.

Pertempuran Laut Jawa merupakan salah satu peristiwa pada 27 Februari yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 27 Februari:

1844
Juan Pablo Duarte secara resmi memproklamasikan kemerdekaan Dominika dari Haiti. Setelah lepas dari Haiti, Dominika beberapa kali dijajah negara lain, seperti Spanyol dan Amerika Serikat (AS). Dominika benar-benar merdeka pada 12 Juli 1924. Kini, Dominika menjadi negara berbentuk republik.

Bendera Jepang bernama Nisshoki. (Worldatlas.com)
1870
Pemerintah Jepang secara resmi mengadopsi bendera putih dengan lingkaran merah di tengah sebagai bendera nasional. Bendera itu kemudian kali pertama berkibar di kapal-kapal dagang Jepang. Bendera tersebut secara resmi disebut Nisshoki yang berarti Bendera Simbol Matahari.

1881
Salah satu pertempuran antara pasukan Afrika Selatan (Afsel) dan Inggris di masa Perang Boer I meletus di Bukit Majuba, dekat Volksrust, Kwazulu-Natal, Afsel. Di pertempuran itu, pasukan Afsel menang telak lantaran berhasil menumpas 92 tentara Inggris dan menangkap 59 tentara Inggris. Sedangkan pasukan Afsel hanya kehilangan satu tentaranya yang tewas.

1933
Gedung parlemen Jerman di Berlin, Reichstag, dibakar seorang pemuda komunis asal Belanda, Marinus van der Lubbe. Partai Nazi Jerman kemudian memanfaatkan peristiwa itu untuk mengonsolidasi kekuatan dan berkampanye menggusur kaum komunis dari gelanggang politik Jerman.

1942
Pasukan Angkatan Laut Jepang berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Sekutu di Laut Jawa. Peristiwa itu merupakan pertempuran permukaan laut terbesar sejak Pertempuran Jutlandia dalam Perang Dunia I. Salah satu peristiwa di masa Perang Dunia II itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Laut Jawa.

1962
Dua pilot Angkatan Udara Vietnam Selatan yang membangkang mengebom Istana Kemerdekaan di Saigon demi membunuh Presiden Vietnam Selatan, Ngo Dinh Diem. Namun upaya tersebut gagal lantaran sang presiden selamat dari serangan.

Menara Pisa di Italia. (Reuters)
1964
Pemerintah Italia menyatakan Menara Pisa terancam runtuh jika terkena badai atau gempa bumi. Meski sudah ada peringatan seperti itu, menara miring tersebut baru direnovasi pada 1999 dan rampung pada 2001.

1973
Tak kurang dari 200 anggota Gerakan Indian-Amerika menduduki wilayah Wounded Knee, Dakota, Amerika Serikat (AS). Mereka kemudian mengusir dan mengambil paksa properti milik warga setempat. Gerakan Indian-Amerika lantas menduduki wilayah tersebut selama kurang lebih tiga bulan.

2004
Kelompok Teroris Abu Sayyaf meledakkan kapal feri bernama Superferry 14 di perairan Filipina. Tindakan kelompok Abu Sayyaf itu dipicu kegagalan mereka dalam memeras salah satu perusahaan kapal feri di Filipina. Saat diledakkan, Superferry 14 sedang mengangkut 900 penumpang dari Manila.

2010
Gempa bumi berkekuatan 8,8 skala Richter mengguncang Cile. Bencana itu diketahui menewaskan 432 orang. Gempa bumi tersebut juga mengakibatkan tsunami yang gelombangnya mencapai Selandia Baru, Hawaii, Jepang, serta pulau-pulau lainnya di Samudra Pasifik.