Bisnis
Rabu, 24 April 2024 - 21:02 WIB

Penjualan Perhiasan Emas di Solo Meningkat Meski Harganya Meroket

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembeli memilih perhiasan emas di Toko Emas Nogososro Solo, Rabu (24/4/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Walaupun harga emas terus naik, penjual perhiasan emas di sejumlah toko di Kota Solo tetap tinggi. Pedagang menyebut ada kenaikan penjualan emas seusai Lebaran kali ini.

Hal itu seperti diungkapkan pemilik Toko Emas Nogososro Solo, Bayu Mukti, di outletnya pada Rabu (24/4/2024). Bayu mengungkapkan harga emas terbaru saat ini kurang lebih sebesar Rp1,2 juta per gram.

Advertisement

“Harga emas saat ini, kalau sementara ini sekitar Rp1,2 juta per gram. Ya itu mulai Rp800.000 sampai Rp1,2 juta, itu emas perhiasan murni. Kalau Antam beda lagi lebih tinggi,” terang Bayu saat berbincang dengan Solopos.com.

Dia juga menjual perhiasan dengan kadar emas sebesar 50% senilai Rp500.000 per gram, ada juga perhiasan dengan kadar 30% emas yang dibanderol senilai Rp400.000 per gram. “Sebelumnya kalau yang kadar emas 30% ya Rp300.000-an per gram,” kata dia.

Bayu menyebut ada beberapa faktor yang menyebabkan naiknya harga emas. Misalnya dari faktor dalam negeri yakni nilai rupiah yang melemah. Selain itu, The Fed juga menurunkan suku bunga dan ditambah konflik geopolitik angara Iran dan Israel.

Advertisement

Meski harga emas naik, Bayu menilai permintaan konsumen tetap tinggi. Hanya beberapa pembeli memilih perhiasan dengan kadar emas yang lebih rendah.

Sejak Ramadan hingga seusai Lebaran ini, Bayu mengaku penjualan di tokonya naik hingga 30%. Mayoritas pembeli meminati perhiasaan dengan harga di atas Rp2 juta baik cincin, kalung, dan gelang.

Biasanya Ramadan hingga Lebaran menjadi momen penjualan emas di tokonya meningkat. Dia memprediksi pada Juni 2024 banyak warga yang bakal menjual emas mereka untuk mencukupi kebutuhan pendidikan.

Advertisement

Pernyataan senada diungkapkan oleh Marketing Toko Emas Semar Nusantara & Diamond Pavilion Solo, Wulan Sanjana, saat ditemui Solopos.com, pada Kamis (18/4/2024). “Kalau peningkatan pasti ada. Kalau yang paling dicari ya cincin, kalung, gelang, mulai harga Rp670.000,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif