UTBK 2019 Hanya Digelar Tiap Sabtu-Minggu, Lokasi Tes Kewenangan Panitia

Ilustrasi ujian tulis berbasis kertas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Antara/M. Agung Rajasa)
27 Februari 2019 15:23 WIB Tamara Geraldine Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Calon mahasiswa harus mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebelum ikut SBMPTN 2019. Tes UTBK hanya digelar Sabtu-Minggu. Calon mahasiswa bisa memilih waktunya, namun penentuan lokasi kewenangan panitia.

UTBK gelombang pertama dimulai pada 1 Maret-24 Maret sementara gelombang kedua pada 25 Maret-1 April. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan jadwal pelaksanakan UTBK.

"UTBK diberlakukan mulai 2019 dan dapat diikuti siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan SMA/MA/SMK," ujar Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto, saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Selasa (26/2/2019).

Budi mengatakan peserta yang ingin tes dua kali harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang kedua. Peserta dapat memilih jadwal ujian serta sesi pagi atau siang hari. Namun, lokasi ditentukan secara acak oleh panitia.

“Untuk pendaftaran UTBK dilakukan melalui situs web pendaftaran.utbk.sbmptn.ac.id,” ujar dia. Bagi peserta yang ingin mengikuti UTBK dua kali, mereka secara otomatis harus membayar dua kali juga. Biaya yang ditanggung peserta senilai Rp200.000 setiap mengikuti tes. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.

“Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun. Sementara itu, pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id,” ujar dia.

Budi mengimbau calon mahasiswa wajib mengisi data diri di laman tersebut. Hal lain yang harus disiapkan adalah nomor induk siswa sebagai syarat untuk memperoleh password.

“Selebihnya isi formulir data diri nama, alamat, foto, dan lain sebagainya. Kemudian membayar di bank,” jelas dia. Setelah membayar di bank, calon peserta akan mendapatkan password yang digunakan untuk masuk ke laman resmi guna mengunduh kartu pendaftaran UTBK. Setelah itu kartu diunduh dan dicetak sebagai syarat mengikuti UTBK di tempat yang telah ditentukan.

“UTBK merupakan metode tes yang akan digunakan dalam SBMPTN 2019. Menurut rencana, UTBK dilakukan sebanyak 24 kali dalam setahun. Pelaksanaannya pun memakan waktu lebih kurang 12 hari, yakni setiap Sabtu dan Minggu,” ujar dia.