2 Kubu Sepakat Alfito Deannova-Putri Ayuningtyas Moderator Debat Cawapres

Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1 - 2019). (Bisnis/Abdullah Azzam)
26 Februari 2019 20:30 WIB Aziz Rahardyan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Kendati belum diputuskan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga sepakat menyebut dua nama untuk moderator Debat Cawapres 17 Maret 2019. Mereka adalah Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

Hal ini terungkap selepas acara rapat persiapan Debat Pilpres III yang dihadiri pihak KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TKN Jokowi-Ma'ruf dan BPN Prabowo-Sandi, serta media penyelenggara di Kantor KPU, Selasa (26/2/2019). "Kita sepakat bulat, baik 01 maupun 02, bahwa moderator Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas," ujar Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso.

Sementara itu, Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf Aria Bima menyebut bahwa pihaknya tidak keberatan siapa pun moderator yang diajukan. "Kita tidak pernah mempersoalkan moderator dari awal," jelas Aria Bima dalam kesempatan yang sama.

Alfito Deannova merupakan mantan pembawa acara berita televisi yang kini menjabat Pemimpin Redaksi Detik Network. Sedangkan Putri Ayuningtyas merupakan pembawa acara berita (news anchor) CNN Indonesia.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman menyatakan bahwa lokasi, layout, jumlah undangan, dan moderator yang sudah disepakati akan ditetapkan pada Selasa (5/3/2019). Debat menuju Pilpres 2019 yang akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno ini akan digelar pada Minggu (17/3/2019) dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

Sumber : Bisnis/JIBI