Sejarah Hari Ini: 22 Februari 1847, 5.000 Prajurit AS Kalahkan 15.000 Prajurit Meksiko

Lukisan karya Carl Nebel yang menggambarkan Pertempuran Buena Vista. (Wikimedia.org)
22 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 5.000 prajurit Ameriika Serikat (AS) berhasil mengalahkan pasukan Meksiko yang berjumlah 15.000 orang di Buena Vista, Coahuila, Meksiko, 22 Februari 1847. Peristiwa di masa Perang AS-Meksiko itu dikenang dengan sebutan Pertempuran Buena Vista.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 22 Februari setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 22 Februari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1847
Di masa Perang Amerika Serikat (AS)-Meksiko, 5.000 prajurit AS berhasil mengalahkan pasukan Meksiko yang berjumlah 15.000 orang di Buena Vista, Coahuila, Meksiko. Pasukan AS berhasil memukul mundur pasukan Meksiko yang jumlahnya lebih banyak menggunakan artileri. Kini, peristiwa itu dikenang dengan sebutan Pertempuran Buena Vista.

Jefferson Davis. (Biography.com)
1862

Jefferson Davis secara resmi dilantik sebagai presiden pertama Konfederasi Amerika untuk masa enam tahun di Richmond, Virginia. Sebelumnya, dia dilantik sebagai presiden sementara pada 18 Februari 1861. Konfederasi Amerika adalah negara yang berdiri sebagai pecahan Amerika Serikat (AS) pada masa Perang Saudara AS dan bertahan selama lebih dari empat tahun. Pada akhir Perang Saudara AS, Konfederasi Amerika kembali masuk menjadi bagian dari AS.

1899
Pasukan Filipina yang dipimpin Jenderal Antonio Luna untuk kali pertama menyerang balik pasukan Amerika Serikat (AS) yang menduduki Kota Manila. Dalam serangan itu, pasukan Filipina belum berhasil merebut Manila dari pasukan AS.

1942
Presiden Franklin D. Roosevelt memerintahkan Jenderal Douglas Mac Arthur menarik pasukannya keluar dari Filipina. Hal itu menyusul kemenangan Jepang atas AS dalam perebutan kekuasaan di Filipina.

1944
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut Kota Kryvyi Rih yang dikuasai Jerman sejak 15 Agustus 1941. Kini, wilayah tersebut merupakan bagian dari Ukraina.

1957
Presiden Vietnam Selatan Ngo Dinh Diem berhasil lolos dari upaya pembunuhan yang dilakukan pasukan Vietnam Utara di Ban Me Thuot, Vietnam Selatan. Namun pada 2 November 1963, Ngo Dinh Diem tewas terbunuh dalam kudeta yang dilancarkan Angkatan Darat Vietnam Selatan.

1974
Konferensi Tingkat Tinggi II Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) digelar di Lahore, Pakistan. Dalam konferensi tersebut, 37 perwakilan negara anggota OKI yang hadir sepakat untuk mengakui kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan yang dideklarasikan pada 26 Maret 1971.

Branislav Ivanovic. (Reuters)
1984
Branislav Ivanovic lahir di Sremska Mitrovica, Yugoslavia. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Chelsea, sejak 2008 hingga 2017. Kini, Ivanovic membela salah satu klub di Rusia, Zenit Saint Petersburg.

1997
Para Ilmuwan Skotlandia dari Institut Roslin di Edinburgh mengumumkan telah berhasil mengklonakan domba dewasa yang dinamai Dolly. Domba tersebut adalah mamalia hasil kloning pertama di dunia.

2008
Rusia mengecam Kosovo yang memproklamasikan kemerdekaannya dari Serbia. Pemerintah Serbia yang mengetahui kecaman itu gembira lantaran merasa Rusia akan segera membantunya mengembalikan wilayah Kosovo menjadi kekuasaan Serbia.