Sejarah Hari Ini: 20 Februari 1992, Format Liga Primer Inggis Dibentuk

Logo Liga Primer Inggris yang digunakan saat ini. (Premierleague.com)
20 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 20 Februari 1992, Asosiasi Sepak Bola Inggris atau Football Association (FA) membentuk format baru untuk kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris dengan nama FA Premier League—yang sekarang dikenal dengan nama English Premier League atau Liga Primer Inggis.

Pembentukan forman baru kompetisi sepak bola Inggris itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 20 Februari yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 20 Februari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 20 Februari:

1813
Pasukan pejuang kemerdekaan Argentina yang dipimpin Manuel Belgrano mengalahkan pasukan Peru pimpinan Juan Pio de Tristan dalam Pertempuran Salta. Juan Pio de Tristan adalah pangeran Spanyol yang pada saat itu menguasai Peru bagian selatan.

Adolf Hitler. (Snopes.com)
1933
Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan rahasia dengan para industrialis di Berlin, Jerman. Tujuan pertemuan rahasia itu adalah untuk mengumpulkan dana sebagai dana kampanye untuk memenangkan Partai Nazi pada pemilihan umum di Jerman.

1942
Seorang anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) Letnan Edward O Hare berhasil menembak jatuh lima pesawat pengebom milik Jepang yang menyerang kapal induk milik AS yang berada di Samudra Pasifik. Dua bulan kemudian, ia diberi medali kehormatan oleh Presiden AS kala itu, Franklin D. Roosevelt. Pada 1949, Bandara Internasional Illinois di AS berganti nama Bandara Internasional O Hare untuk mengenang jasa sang prajurit tersebut.

1944
Pasukan Sekutu memulai penyerangan terhadap beberapa pusat industri pesawat di Jerman. Penyerangan yang disebut dengan Big Week itu berlangsung selama enam hari. Sekutu melancarkan serangan ke pusat-pusat industri pesawat di Jerman demi melumpuhkan Angkatan Udara Jerman dan berharap mampu memenangi Perang Dunia II dengan lebih cepat

1944
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut Atol Enewetak di Samudera Pasifik dari cengkeraman Jepang. Kekuasaan AS di Atol Enewetak berlangsung sampai 1986 sebelum akhirnya atol tersebut menjadi wilayah kekuasaan Kepulauan Marshall.

Kurt Cobain. (Billboard.com)
1967
Kurt Cobain lahir di Aberdeen, Skotlandia. Ia kelak dikenal sebagai vokalis, gitaris, dan penulis lagu dalam grup band beraliran grunge, Nirvana. Cobain meninggal saat ia sedang berada di puncak kariernya dan di umur yang masih muda, yakni 27 tahun.

1985
Irlandia Utara melegalkan perdagangan alat kontrasepsi. Sebelumnya, alat kontrasepsi tak boleh diperdagangkan di Irlandia Utara karena dianggap berlawanan dengan ajaran Katolik yang dianut sebagian besar warganya.

1991
Patung mantan pemimpin Albania, Enver Hoxha, yang berukuran sangat besar dan terletak di ibu kota Albania, Tirana, dihancurkan oleh para demonstran. Enver Hoxha adalah pemimpin Albania yang menjabat dari 1941 hingga akhir hayatnya pada 1985.

1992
Asosiasi Sepak Bola Inggris atau Football Association (FA) membentuk format baru untuk kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris dengan nama FA Premier League—yang sekarang dikenal dengan nama English Premier League atau Liga Primer Inggis—dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub. Sebelumnya, kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris bernama Liga Sepak Bola Divisi Pertama.

2003
Sebanyak 100 orang tewas dan lebih dari 200 orang luka-luka dalam kebakaran di sebuah kelab malam di Rhode Island, Amerika Serikat (AS) yang sedang menggelar konser musik rok. Kebakaran itu diduga disebabkan kembang api yang dinyalakan dan menyambar busa peredam suara pada atap gedung.