Pencurian Air Es Senilai Rp127 Juta Gegerkan Kanada

Ilustrasi gunung es (Reuters)
19 Februari 2019 05:30 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, NEWFOUNDLAND Polisi Kanada sedang menyelidiki kasus pencurian aneh di Pulau Newfoundland. Menurut laporan sementara, pencuri diyakini mengambil 30.000 liter air es berharga dari fasilitas penyimpanan di Port Union. Air tersebut sebenarnya dimaksudkan untuk produksi vodka.

Mengutip The Guardian, Senin (18/2/2019), air gunung es dinilai sangat berharga karena kemurniannya. Air ini biasa dipakai dalam produksi kosmetik mahal, bahkan dijual sebagai bir dengan harga selangit. Pencurian air gunung es ini kali pertama terjadi di Kanada.

Kepolisian Kanada, RCMP, mengumumkan kasus tersebut, Rabu (13/2/2019). Air yang dicuri itu berharga 9.000-12.000 dolar Kanada atau sekitar Rp95,7 juta hingga Rp127 juta.

"Sejauh ini, kami masih mencari tahu pelakunya. Kami mendapat informasi soal iring-iringan truk tanker pembawa air tersebut," kata salah satu polisi, Andy Renwick.

Salah seorang karyawan perusahaan air gunung es mengatakan air kiriman itu mungkin saja terkontaminasi sehingga kandungannya tercemar. Air tersebut diambil dari patahan gunung es di Greenland.

Pengambilan air tersebut sangat berbahaya karena memicu longsor. Meski demikian, air tetap ditambang karena diyakini sebagai zat cair terbersih di Bumi.

Biaya operasional tinggi membuat harga air es tersebut sangat mahal. Air dari gunung es itu biasanya diambil pada akhir musim semi. Adapun jenis yang dipanen adalah bongkahan es padat kedap air asin.

Jadi, saat bongkahan es itu meleleh, air yang dihasilkan sangat jernih. Air ini dijual ke berbagai negara, seperti China, Korea, dan Arab Saudi.