Sejarah Hari Ini: 19 Februari 1945, Pertempuran Iwo Jima Pecah

Salah satu aksi pasukan AS dalam Pertempuran Iwo Jima. (Wikimedia.org)
19 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Sekitar 30.000 tentara Amerika Serikat (AS) mendarat di pulau Iwo Jima, Jepang, 19 Februari 1945. Tibanya pasukan AS itu kemudian memicu pertempuran dengan Jepang yang kini dikenang dengan nama Pertempuran Iwo Jima.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 19 Februari setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 19 Februari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1594
Sigismund III Vasa dinobatkan sebagai Raja Swedia, menggantikan ayahnya Johan III. Padahal sebelumnya, Sigismund III Vasa sudah mewarisi takhta Persemakmuran Polandia–Lituania dari ibunya Catherine Jagiellon pada 1587.

1674
Inggris dan Belanda menandatangani Perjanjian Westminster di Westminster, Inggris. Perjanjian itu ditandatangani untuk mengakhiri Perang Inggris-Belanda Ketiga yang berlangsung sejak 1672. Dari perjanjian itu pula, koloni Belanda di Nieuw Amsterdam diserahkan kepada Inggris yang kemudian namanya diganti menjadi New York.

1819
Penjelajah Inggris William Smith menemukan kepulauan di sebelah utara Semenanjung Antartika. Kepulauan yang kemudian dinamai Kepulauan Shetland Utara itu kemudian diklaim sebagai milik Kerajaan Inggris di bawah pimpinan Raja George III.

1915
Serangan angkatan laut pertama di Selat Dardanella pada masa Perang Dunia I dimulai. Pasukan Inggris dan Prancis membombardir artileri Kesultanan Ottoman di sepanjang pantai Gallipoli.

1942
Hampir 250 pesawat tempur Jepang menyerang kota Darwin di Australia. Serangan Jepang terhadap salah satu negara anggota Sekutu di masa Perang Dunia II itu mengakibatkan tewasnya 243 orang yang kebanyakan merupakan warga sipil.

Franklin D. Roosevelt. (Whitehouse.gov)
1942
Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt menandatangani Perintah Presiden Nomor 9066 yang mengizinkan militer AS merelokasi warga keturunan Jepang ke beberapa penampungan interniran. Hal itu dilakukan menyusul memanasnya hubungan AS dan Jepang setelah Serangan Pearl Harbour pada 1941.

1945
Sekitar 30.000 tentara Amerika Serikat (AS) mendarat di pulau Iwo Jima, Jepang. Tibanya pasukan AS itu kemudian memicu pertempuran dengan Jepang yang kini dikenang dengan nama Pertempuran Iwo Jima. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia II itu berlangsung selama lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan AS.

1959
Melalui Perjanjian Zurich dan Perjanjian London, Inggris secara resmi memberikan kemerdekaan kepada Siprus. Namun demikian, kemerdekaan Siprus itu baru diumumkan pada 16 Agustus 1960.

1978
Pasukan Mesir menyerbu Bandara Interansional Larnaca di Sipurs dengan alasan mencegah terjadinya pembajakan pesawat Egypt Air. Pada penyerbuan bandara tanpa izin pemerintah Siprus itu, garda nasional dan polisi Siprus menembak mati 15 prajurit Mesir dan menghancurkan pesawat angkut Hercules C-130 milik Angkatan Udara Mesir dalam pertempuran terbuka.

Stasiun luar angkasa milik Uni Soviet, Mir. (Universetoday.com)
1986
Uni Soviet meluncurkan stasiun luar angkasa bernama Mir. Stasiun luar angkasa tersebut kemudian digunakan oleh astronot dari beberapa negara selain Uni Soviet. Stasiun Luar Angkasa Mir berhenti beroperasi dan diturunkan kembali ke Bumi pada 23 Maret 2001 karena masalah pendanaan.