Sejarah Hari Ini: 18 Februari 1229 Perang Salib VI Berakhir

Ilustrasi pertemuan antara Kaisar Romawi, Fredrik II (kiri), dan pemimpin Dinasti Ayyubiyyah, Al Kamil (kanan). (Wikimedia.org)
18 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Perang Salib VI antara Kekaisaran Romawi dan Dinasti Ayyubiyyah berakhir, tepat pada 18 Februari 1942. Perang tersebut berakhir dengan perjanjian gencatan senjata yang menegaskan wilayah Yerusalem, Nazaret, dan Betlehem sebagai kekuasaan Kekaisaran Romawi.

Berakhirnya Perang Salib VI itu merupakan salah satu peristiwa pada 15 Februari yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 15 Februari:

1229
Kaisar Romawi, Fredrik II, menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan pemimpin Dinasti Ayyubiyyah, Al Kamil, untuk rentang waktu 10 tahun. Perjanjian itu mengakhiri Perang Salib VI sekaligus menegaskan Yerusalem, Nazaret, dan Betlehem menjadi kekuasaan Kekaisaran Romawi tanpa harus berperang.

1930
Astronom asal Amerika Serikat (AS) Clyde William Tombaugh menemukan planet baru dalam sistem Tata Surya melalui observatoriumnya di Arizona, AS. Planet itu lantas diberi nama Pluto yang diambil dari nama dewa Yunani.

1932
Pemerintah Jepang mendirikan negara boneka bernama Manchuko di sebelah timur laut Republik Rakyat Tiongkok. Wilayah ini secara umum dikenal sebagai Manchuria. Pada 1945, wilayah Manchuria direbut tentara Uni Soviet dan kemudian diserahkan kembali kepada Tiongkok pada tahun berikutnya.

1943
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam gerakan anti-Nazi di Jerman yang disebut White Rose ditangkap otoritas Jerman. Lima hari kemudian, para mahasiswa itu dijatuhi hukuman mati dengan cara kepala mereka dipenggal.

Joseph Goebbels. (Biography.com)
1943
Menteri Propaganda Jerman Joseph Goebbels menyampaikan pidato yang dikenal sebagai Pidato Sportpalast. Pidato tersebut disampaikan demi memotivasi rakyat di tengah kemunduran Jerman dalam Perang Dunia II.

1954
John Joseph Travolta lahir di Englewood, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal luas sebagai aktor yang sudah membintangi sejumlah judul film layar lebar. Selama kariernya di dunia hiburan, John tercatat sudah membintangi lebih dari 30 judul film layar lebar dan serial televisi.

1964
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengecam Inggris, Prancis, dan Yugoslavia karena masih memiliki hubungan diplomatik dengan Kuba. AS meminta ketiga negara itu menghentikan aktivitas perdagangan ke Kuba dan menarik semua bantuan pertahanan yang diberikan. Kecaman itu merupakan salah satu upaya AS untuk mengacaukan Kuba yang berada di bawah pimpinan Fidel Castro, orang yang kerap menggaungkan kampanye anti AS.

1965
Gambia secara remsi meraih kemerdekaan dari Inggris. Sebelumnya, wilayah Gambia dikuasai Inggris sejak 1889.

1990
Park Shin-hye lahir di Gwangju, Korea Selatan. Kini, ia dikenal luas sebagai aktris, penyanyi, sekaligus model. Serial televisi pertama yang dibintangi Park Shin-hye adalah Stairway to Heaven pada 2003. Namanya kemudian semakin tenar dan menjadi bintang utama dalam beberapa serial drama seperti You're Beautiful, Heartstrings, Flower Boys Next Door, The Heirs, Pinocchio, dan Doctors.

2012
Untuk kali pertama setelah 1979, kapal perang milik Angkatan Laut Iran melintas di terusan Suez untuk menuju Laut Mediterania. Sebelumnya, kapal perang Iran hanya melintas sekali di terusan Suez pada 1979 saat terjadi revolusi di negara tersebut. Namun untuk yang kali kedua ini, Iran hanya ingin menunjukkan kekuatan militernya ke sejumlah negara di sekitar Laut Mediterania.