Siapa Pemenang Debat Capres 2019 Putaran II Menurut Jusuf Kalla?

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) bersama Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi (kanan) menyaksikan siaran langsung Debat Pertama Capres & Cawapres 2019 di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (17/1/2019). - ANTARA/Hafidz Mubarak A
18 Februari 2019 10:10 WIB Anggara Pernando Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)  ikut menilai debat calon presiden putaran II antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo. Ia menyebut debat kedua lebih terbuka. Lantas, siapa pemenang debat kali ini, Jokowi atau Prabowo?

Para kontestan menampilkan sikap saling menyerang dan menunjukan keunggulan program masing-masing. "[Namun] Pak Jokowi lebih baik dari Pak Prabowo karena menjawab dengan pengalaman yang ada hingga lebih faktual," kata Jusuf Kalla di kediaman Wakil Presiden Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Sebagaimana diketahui bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat capres 209 putaran II, Mingu (17/2/2019).

Dalam debat yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta ini debat dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki, dengan tema yang diangkat terkait energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Menurut Jusuf Kalla masih terdapat sisi yang harus diperkuat oleh para kandidat. "Soal [penyampaian] data, [harus] diperiksa lagi," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla juga menyebut dalam debat kali ini para kandidat telah memiliki pengalaman yang cukup banyak. Dampaknya debat berjalan lebih santai dan bebas. "Pak Jokowi dan Prabowo menghadapi debat sudah berkali-kali," kata Jusuf Kalla.

Selain memuji penampilan kandidat, Jusuf Kalla juga mengapresiasi pilihan kalimat Prabowo yang jujur memuji sejumlah keberhasilan kebijakan pemerintah.

"Kita hargai Pak Prabowo karena kejujurannya. Kalau baik Pak Jokowi dia puji," tambah Jusuf Kalla. 

Sumber : Bisnis.com