Jelang Debat, Jokowi: Kita Bicara yang Sudah Dikerjakan, Kalau Kurang Wajar

Jokowi (Antara)
17 Februari 2019 19:35 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 01 atau petahana Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di lokasi debat capres jilid II, Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam. Seperti janji tim suksesnya, Jokowi datang ke lokasi debat dengan penuh senyum dan terlihat santai.

Saat berbicara kepada awak media sebelum masuk ruang debat, Jokowi yang didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan istrinya Iriana Widodo mengatakan dia sangat siap menghadapi tema debat malam ini. Dia mengatakan akan menjelaskan berbagai hal yang telah dilakukan pemerintah selama empat tahun terakhir.

"Kita pasti evaluasi terus. Kan ini bicara soal infrastruktur, energi, dan pangan. Jadi kita berbicara sesuatu yang kita kerjakan setiap hari, memang ada kekurangan. Itu wajar namanya juga manusia," kata Jokowi yang ditayangkan live oleh CNN Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Maruf Amin, Aria Bima. Aria mengatakan Jokowi akan tampil beda dari debat sebelumnya.

"Satu hal yang beda bahwa kali ini Pak Jokowi enggak serius-serius amat. Penampilannya akan lebih banyak senyum," kata Aria di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu, (17/2/2019), dilansir Suara.com.

Aria menuturkan adapun alasan Jokowi lebih tampil santai di debat kedua ini lantaran banyak masukan dari masyarakat yang menginginkan capres petahana itu tidak tampil offensif seperti debat pertama. Karena itu, diharapkan perubahan tampilan Jokowi di debat capres kedua ini akan mempermudah dirinya dalam menyampaikan visi dan misi kepada masyarakat.

"Sebab respons publik menginginkan Pak Jokowi lebih smile, lebih friendly dalam acara-acara debat seperti ini," ungkapnya.

Debat Pilpres kedua mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur akan berlangsung hari ini di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta Pusat pukul 20.00 WIB. Debat kedua mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur itu akan dipandu oleh dua moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Debat kedua tersebut hanya akan menampilkan kedua kandidat capres yakni Jokowi dan Prabowo.