Haram Gelar Pesta Ultah Mewah di Tajikistan

Ilustrasi pesta ulang tahun (Mom Junction)
15 Februari 2019 09:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, DUSHANBE – Menggelar pesta ulang tahun di restoran bersama teman-teman sangat sering dilakukan. Perayaan ini biasanya dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas umur yang diberikan. Namun, tahukah Anda di Tajikistan perayaan ulang tahun di luar rumah dianggap sebagai tindakan yang melanggar hukum?

Dikabarkan Oddity Central, Kamis (14/2/2019), menggelar pesta ulang tahun di tempat umum, selain di rumah bersama keluarga merupakan tindakan ilegal. Pelaku bisa dikenai denda karena melanggar peraturan di Tajikistan.

Belum lama ini, seorang artis di Tajikistan, Tajik Firusa Khafizova, dikenai denda sekitar US$530 atau setara Rp7,5 juta akibat menggelar pesta ulang tahun bersama teman di luar rumah. Menurut Peraturan Tradisi dan Bea Cukai Tajikistan, pesta ulang tahun di tempat umum merupakan tindakan ilegal. Pelakunya bakal dikenai denda jika nekat melakukannya.

Dalam kasus Tajik Firusa Khafizova, jaksa penuntut menjadikan video yang diunggah di akun Instagram sang artis sebagai bukti pelanggaran hukum. Video tersebut memperlihatkan keseruan sang artis saat berpesta dengan teman-temannya di restoran.

Masyarakat Tajikistan memprotes peraturan unik tersebut. Mereka menilai pemerintah terlalu ikut campur dengan kehidupan pribadi warganya. Mereka menambahkan, peraturan itu sangat aneh dan semestinya tidak diterapkan.

Sementara itu, pemerintah Tajikistan memiliki alasan tersendiri membuat aturan tersebut. Peraturan itu dibuat agar masyarakat tidak menghamburkan uang demi pesta. Peraturan ini diperkenalkan pada 2007 dan dikembangkan 10 tahun kemudian, yakni 2017. Sayangnya, peraturan ini mendapat kritikan karena pemerintah dinilai terlalu mengintervensi kehidupan dan membatasi hak asasi warganya.