Petani Bawang Nangis Ternyata Eks KPU Brebes, Ini Jawaban Sandiaga

Calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Blora, Jawa Tengah, Jumat (11/1 - 2019). (Antara/Istimewa)
13 Februari 2019 17:00 WIB Jaffry Prabu Prakoso Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Video Sandiaga Uno dicurhati seorang petani bawang bernama Muhammad Subkhan menjadi viral. Kontroversi muncul karena orang yang menangis tersebut rupanya mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes 2013-2018. Lalu apa jawaban calon wakil presiden nomor urut 02 itu?

Sandi minta publik lihat esensi keluhan di video itu dan bukan siapa sosok Subkhan. Sandi tetap mengklaim bahwa kampanye yang dia lakukan semuanya benar. Mereka yang menyampaikan keluh kesah diklaim Sandi tanpa sandiwara.

“Saya khawatir sekali elite kita bukannya menangkap apa yang menjadi esensi yang disampaikan oleh Pak Subkhan, tapi meng-attack, menyerang pribadinya Pak Subkhan sendiri. Ini yang saya khawatir menjadi tren menjauhkan elite dengan masyarakat,” katanya di Jakarta, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Sandi berpesan agar lawan politik dan publik untuk bersikap positif. Ibarat gelas, katanya, dia selalu berpikir setengah isi bukan setengah kosong.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga mengklaim tidak berani melakukan rekayasa. Alasannya, semua orang memiliki telepon genggam yang bisa merekam video.

Jadi, semua gerak-geriknya pasti bakal terekam oleh siapapun. Dengan cepat pula kegiatannya tersebar di media sosial karena zaman digital baginya penuh transparansi. “Jangan yang macam-macam lah sekarang. Pencitraan itu boleh, tapi tidak akan bisa escape, tidak akan bisa lari pada sesuatu yang bisa terjadi,” ucapnya.

Sebelumnya, Subkhan menangis dan menjerit saat berdialog dengan Sandiaga di Lapangan Sepakbola Wali Kukun Krasak Brebes, Senin (11/2/2019) lalu. Saat itu dia bercerita tentang harga bawang turun sehingga dia tidak bisa bayar cicilan sampai menjaminkan rumahnya.

Subhan yang tidak bisa lagi melanjutkan kalimatnya ditenangkan Sandi. Dia memeluk cawapres nomor urut 02 ini dan sempat sesunggukan.

Sandi lalu menyebarkan video dialognya ke akun Twitter @sandiuno. Tak lama kemudian, unggahannya viral dan mendapat komentar warganet.

Pengguna akun @kemalarsjad menyebutkan Sandi berbohong. Pengguna akun itu juga menggunggah beberapa foto M Subkhan sebagai anggota KPU Brebes, momen bersama Sudirman Said, dan bersama seorang warga mengenakan baju Partai Gerindra.

Sumber : Bisnis/JIBI