Sejarah Hari Ini: 12 Februari 2011, Presiden Mesir Hosni Mubarak Mundur

Presiden Mesir Hosni Mubarak yang mundur pada 12 Februari 2011. (Reuters/Jason Reed)
12 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Presiden Mesir Hosni Mubarak resmi turun dari jabatannya sebagai presiden, disahkan oleh Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman, tepat pada 12 Februari 2011. Ia mengundurkan diri menyusul demonstrasi besar-besaran selama 18 hari yang menuntutnya untuk mengundurkan diri.

Mundurnya Hosni Mubarak itu merupakan salah satu peristiwa pada 12 Februari yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 12 Februari:

1541
Penjelajah asal Spanyol, Pedro de Valdivia, mendirikan permukiman bernama Santiago di wilayah yang kini termasuk dalam bagian Chile. Kni, wilayah tersebut menjadi ibu kota Chile.

1832
Pemerintah Ekuador menyatakan telah menguasai Kepulauan Galapagos dan menamai wilayah tersebut sebagai Kepulauan Ekuador. Hingga ini, Kepulauan Galapagos masih menjadi wilayah kekuasaan Ekuador. Kepulauan Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam.

Lukisan karya Edwin Stocqueler, 1854, yang menggambarkan penambang emas di Ararat, Victoria, Australia semasa Demam Emas Australia. (Wikimedia.org)
1851
Edward Hargraves mengumumkan penemuan emas di Bathurst, New South Wales, Australia. Beberapa bulan kemudian, emas juga ditemukan di beberapa wilayah Australia. Hal itu kemudian memicu banyak orang berbondong-bondong mencari emas di Australia hingga fenomena tersebut dinamai sebagai Demam Emas Australia.

1874
Raja Hawaii, David Kalakaua, menjadi raja pertama di dunia yang mengunjungi Amerika Serikat (AS). Ia adalah raja terakhir yang bertakhta di Hawaii sebelum dikuasai AS.

1946
Operasi Deadlight yang dilancarkan pasukan Inggris sejak 17 November 1945 berakhir. Operasi tersebut bertujuan untuk membasmi kapala selam milik Jerman, U-Boat, setelah Jerman menyerah pada Perang Dunia II. Dari operasi tersebut, sebanyak 121 dari 154 U-Boat yang tertangkap ditenggelamkan.

1947
Meteorit besi terbesar yang pernah diamati menghujam wilayah Sikhote-Alin, Uni Soviet. Akibat hujaman itu, tercipta kawan yang cukup besar di wilayah Sikhote-Alin.

Uwais Qorny alias Iko Uwais. (Instagram-@iko.uwais)
1983
Uwais Qorny lahir di Jakarta. Ia kini dikenal sebagai aktor, koreografer, sekaligus atlet pencak silat dengan nama beken Iko Uwais. Sosoknya mulai dikenal luas saat memerankan tokoh Yuda pada film Merantau.

2011
Para pengunjuk rasa anti-pemerintah di Yaman menyerukan Presiden Ali Abdullah Saleh untuk mundur. Ali telah memerintah negara itu sejak 1978. Demontrasi itu tak membuat Ali langsung melepas kekuasaannya sebelum akhirnya digantikan Abed Rabbo Mansour Hadi dalam pemilihan presiden 2012.

2011
Presiden Mesir Hosni Mubarak resmi turun dari jabatannya sebagai presiden, disahkan oleh Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman. Ia mengundurkan diri menyusul demonstrasi besar-besaran selama 18 hari yang menuntutnya untuk mengundurkan diri. Sebelumnya, ia menjabat sebagai presiden Mesir sejak 14 Oktober 1981.

2014
Sekitar 28 tahun setelah diktator Filipina Ferdinand Marcos digulingkan, pemerintah Filipina memulihkan rekening tabungannya di Bank Swiss yang mencapai 29 juta Dolar AS. Dengan dipulihkannya rekening tersebut, total tabungan Marcos yang masih ditahan pemerintah Filipina mencapai 712 juta Dolar AS.