Sejarah Hari Ini: 11 Februari 1942, Jepang Kuasai Banjarmasin

Pasukan Jepang kali pertama tiba di Kalimantan untuk melakukan invasi. (Wikimedia.org)
11 Februari 2019 00:10 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 11 Februari 1942, tentara Jepang mengeluarkan maklumat bahwa Kota Banjarmasin dan sekitarnya diserahkan kepada Pimpinan Pemerintahan Civil (PPC). PPC adalah pimpinan sementara pemerintahan di Kalimantan Selatan dan sekitarnya bentukan Jepang kala pemerintah Hindia-Belanda berhenti beraktivitas.

Dikuasainya Banjarmasin oleh Jepang itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 11 Februari yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 11 Februari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 11 Februari:

1502
Untuk kali kedua, penjelajah asal Portugal Vasco da Gama, berlayar dari Lisbon, Portugal menuju India. Vasco da Gama merupakan penjelajah pertama asal Eropa yang berhasil mencapai India dengan mengelilingi Afrika pada 1498. Pada perjalanan kedua itu, Vasco da Gama berangkat bersama 20 kapal perang Kerajaan Portugal.

Lady Jane Grey. (Biography.com)
1554
Mantan Ratu Inggris, Lady Jane Grey, dieksekusi mati dengan dipancung di Menara London, Inggris atas tuduhan pengkhianatan. Pada 1553, Lady Jane Grey pernah bertakhta sebagai ratu Inggris selama sembilan hari.

1593
Sekitar 3.000 pasukan Kerajaan Joseon berhasil mengusir 30.000 pasukan Jepang yang berniat melakukan invasi di tanah Korea. Joseon adalah kerajaan di Korea yang lantas berganti nama menjadi Kerajaan Korea Raya sebelum terpecah menjadi negara Korea Utara dan Korea Selatan.

1809
Abraham Lincoln lahir di Sinking Spring Farm, dekat Hodgenville, Kentucky, Amerika Serikat (AS). Pada 1861, Lincoln kemudian menjabat sebagai presiden ke-16 AS. Ia dikenal sebagai presiden yang berhasil menghapus perbudakan di AS. Lincoln tewas ditembak di Ford Teater, Washington pada 14 April 1865, saat menonton pertunjukan teater bersama istrinya.

1825
Perwakilan orang-orang Indian dan pemerintah Amerika Serikat (AS) menandatangani Perjanjian Sungai Indian. Atas perjanjian itu, Kepala Suku Indian dinyatakan setuju menyerahkan semua lahan di Georgia kepada pemerintah AS.

1832
Ekuador merebut kekuasaan di Kepulauan Galapagos dari Spanyol yang telah menguasainya sejak abad ke-16. Hingga kini, Kepulauan Galapagos masih menjadi bagian dari Ekuador. Pada 1978, UNESCO menetapkan Kepulauan Galapago sebagai salah satu Situs Warisan Dunia karena keanekaragaman hayatinya.

1912
Kaisar Tiongkok, Hsuan Tung, dipaksa turun menyusul gelombang revolusi yang semakin tak terkendali. Turunnya Hsuan Tsung itu menjadi akhir kekuasaan suku Manchu di Tiongkok selama 267 tahun sekaligus menjadi akhir sistem kekaisaran di Tiongkok yang sudah berlangsung lebih dari 2.000 tahun.

Tentara Federasi Austria berjaga di Wina pada masa Perang Saudara Austria, 12 Februari 1934. (Wikimedia.org)

1934
Perang Saudara Austria pecah setelah meletusnya bentrokan antara kelompok sosialis dan pasukan pemerintah Austria di Kota Linz, Austria. Bentrokan itu kemudian menyebar di kota-kota lain, termasuk Wina, yang kemudian dikenang sebagai perang saudara di negara tersebut. Perang Saudara Austria berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan pemerintah Austria.

1942
Tentara Jepang mengeluarkan maklumat bahwa Kota Banjarmasin dan sekitarnya diserahkan kepada Pimpinan Pemerintahan Civil (PPC). PPC adalah pimpinan sementara pemerintahan di Kalimantan Selatan dan sekitarnya bentukan Jepang kala pemerintah Hindia-Belanda berhenti beraktivitas. Dengan begitu, Banjarmasin dianggap telah dikuasai Jepang.

1958
Maskapai penerbangan British Overseas Airways Corporation menjalankan penerbangan lintas Atlantik pertama di dunia. Penerbangan itu berangkat dari London, Inggris dan mendarat di New York, Amerika Serikat (AS).