Sejarah Hari Ini: 9 Februari 1943, Jepang Kalah dalam Pertempuran Guadalkanal

Foto marinir Amerika Serikat sedang beristirahat selama Pertempuran Guadalkanal, November 1942. (Wikimedia.org)
09 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pasukan Jepang kalah dari Amerika Serikat (AS) dalam Pertempuran Guadalkanal di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon, tepat pada 9 Februari 1943. AS yang menang berhasil merebut Pulau Guadalkanal setelah Jepang menarik kembali semua pasukannya.

Kalahnya Jepang dalam Pertempuran Guadalkanal itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 9 Februari. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 9 Februari:

Patung perunggu yang didirkan di Maui, Hawaii, pada 1985, untuk memperingati kehadiran orang Jepang di Hawaii pada 1885. (Wikimedia.org)
1885
Orang-orang Jepang kali pertama tiba di Hawaii dengan tujuan mencari penghidupan yang lebih baik. Mereka sebagian besar berasal dari daerah Hiroshima, Yamaguchi, dan Kumamoto. Kini, Hawaii merupakan wilayah yang dikuasai Amerika Serikat (AS).

1900
International Tennis Federation (ITF) untuk kali pertama menggelar kejuaraan tenis Piala Davis. Kejuaraan tersebut kali pertama digelar di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Kejuaraan yang digagas Dwight F. Davis bersama sejumlah mahasiswa Universitas Harvard itu merupakan kejuaraan dunia yang mempertemukan tim-tim dari berbabagai negara.

1943
Pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat (AS) di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon berakhir. AS berhasil memenangi pertempuran tersebut dan berhasil merebut Pulau Guadalkanal setelah Jepang menarik kembali semua pasukannya.

1945
Pasukan Angkatan Udara Sekutu melancarkan serangan kepada pasukan Jerman di Forde Gjord, Norwegia. Dalam serangan itu, pasukan Sekutu kalah dari Jerman dengan kehilangan 10 pesawat dan 4 tentaranya yang ditahan. Kegagalan serangan yang terjadi pada Jumat itu kemudian dikenang oleh Sekutu dengan nama Jumat Hitam.

1951
Pasukan Korea Selatan (Korsel) mulai membantai warga sipil simpatisan komunis di Gyeongsang Selatan, Korsel. Pembantaian itu berlangsung selama tiga hari dan menewaskan 719 orang. Peristiwa itu terjadi di masa Perang Korea.

1971
Gempa bumi berkuatan 6.5 skala Richter mengguncang wilayah Los Angeles dan San Fransisco, Amerika Serkat (AS). Gempa bumi itu menewaskan 65 orang dan melukai sekitar 2.000 lainnya. Kerugian yang ditimbulkan bencana tersebut diperkiarakan mencapai US$500 juta.

James Owen Sullivan alias The Rev. (Pinterest.com)
1981
James Owen Sullivan lahir di Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Namanya kemudian dikenal luas sebagai drummer di salah satu band rok ternama asal AS, Avenged Sevenfold. Pria yang memiliki nama panggung The Rev itu tewas di usia 28 tahun akibat over dosis obat-obatan pada 28 Desember 2009. Bersama Avenged Sevenfold sejak 1999, The Rev sudah menorehkan enam album studio.

1996
Irish Republic Army (IRA) Tentara Republik Irlandia menyatakan gencatan senjata selama 18 bulan yang disepakati bersama Inggris sudah berkahir. Setelah pernyataan itu dilontarkan, sebuah ledakan terjadi di Canary Wharf, London, Inggris yang diyakini dilakukan IRA.

1997
The Simpsons berhasil memecahkan rekor sebagai serial animasi prime-time dengan masa pemutaran terlama, yakni 10 tahun. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang serial animasi The Flintstones dengan masa pemutaran enam tahun.

2011
Serangan bom melanda kampus Universitas Islam di Jalalabad, Afganistan. Otoritas setempat menyatakan serangan tersebut dilancarkan kelompok Taliban.