Sel Mewah LP Sukamiskin, Suami Inneke Koesherawati Bayar Rp700 Juta

Tersangka suap Fahmi Darmawansyah (kiri) dan Andri Rahmad (kanan) memakai rompi tahanan setelah diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7 - 2018). (Antara / Rivan Awal Lingga)
07 Februari 2019 05:30 WIB Dea Andriyawan Nasional Share :

Solopos.com, BANDUNG -- Terdakwa kasus suap izin keluar Lembaga Pemasyarakatan (LP) Fahmi Darmawansyah ungkap biaya iuran bulanan yang harus dibayar penghuni LP yang banyak dihuni terpidana kasus tindak pidana korupsi (tipikor) itu. Setiap penghuni LP dari kasus tipikor dipatok iuran Rp1,5 juta perbulan.

Hal itu terungkap saat Fahmi bersaksi atas terdakwa eks Kepala LP Sukamiskin Wahid Husen dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Rabu (6/2/2019). Suami Inneke Koesherawati tersebut menyatakan hal tersebut setelah hakim bertanya soal iuran kebersihan saung seperti dalam dakwaan.

Awalnya Fahmi menyanggah dan bertanya iuran apa yang dimaksud oleh hakim. "Ini iuran yang mana? Iuran kamar?," tanya Fahmi.

Mendengar jawaban Fahmi, hakim kaget dan langsung mencecar Fahmi soal iuran tersebut. "Iuran kamar berapa?" tanya hakim. "Rp1,5 juta. Itu perbulan. Karena saya ditambah AC jadi tambah Rp500.000," jawab suami Inneke Koesherawati itu.

Fahmi menuturkam iuran tersebut dibayarkan kepada seorang narapidana di LP Sukamiskin. Uang itu menurutnya digunakan untuk kebersihan blok, kamar dan listrik. "Dibayar ke pemuka warga binaan juga. Untuk kebersihan blok dan listrik," kata Fahmi.

Tidak hanya itu, seusai persidangan, Fahmi juga mengungkapkan adanya biaya yang harus dikeluarkan guna menempati sel mewah di LP Sukamiskin. Bahkan, dia mengaku harus menyiapkan uang Rp700 juta untuk mendapatkan kamar mewah yang di dalamnya ada fasilitas AC, kulkas, hingga televisi.

"Saya booking dulu, harus lunas sebelum sampai [LP Sukamiskin]," ucap Fahmi. "Bayarnya ke broker warga binaan juga. Tapi dia sudah keluar, kasus tipikor BUMD Sukabumi," pungkas Fahmi.

Sumber : Bisnis/JIBI

Kolom 23 hours ago

Pesan dari Kyoto