Farhat Abbas Jadi Pengacara Ahmad Dhani, Alasannya Lawyer Tak Boleh Menolak

Farhat Abbas (Dok/Solopos)
06 Februari 2019 19:31 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Salah satu Juru Bicara Jokowi - Maruf Amin, Farhat Abbas, kini menjadi pengacara Ahmad Dhani. Padahal dalam Pilpres 2019, Ahmad Dhani anti Jokowi dan membela Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Selain itu, keduanya pernah bermusuhan beberapa waktu lalu.

Kepastian itu diungkapkan Farhat Abbas saat menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. "Saya langsung diminta oleh Ahamad Dhani yang disampaikan pada juru bicara keluarga. Jadi hati yang damai itu saya tetap menggangap Ahmad Dhani itu seperti keluarga saya sendiri. Saya hadir dalam keadaan dia kesulitan," kata Farhat Abbas, Rabu (6/2/2019), dilansir Suara.com.

Farhat Abbas ditunjuk untuk mengurusi kasus ujaran kebencian yang membuat Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Pihak kuasa hukum Dhani juga telah mengajukan banding atas vonis tersebut.

Sebagai kelanjutan upaya banding itu, Farhat berencana mengajukan Ahmad Dhani sebagai tahanan kota. "Kita menyarankan kepada keluarga Ahmad Dhani untuk mengajukan permohonan penangguhan penahanan," terangnya.

Beberapa jaminan pun sudah disiapkan untuk status tahanan kota yang diharapkan Ahmad Dhani. Diantaranya keluarga dan sejumlah uang yang tidak disebutkan. "Mungkin jaminan istri atau keluarga atau jaminan uang. Atau minimal setidaknya menjadi tahanan kota baik di kota Jakarta maupun di kota Jawa Timur," terangnya.

Terkait kasus ujaran idiot yang perkaranya sedang berlangsung di Surabaya, Farhat Abbas belum terfikir untuk mencampuri urusan itu. Dia hanya mau terfokus dengan kasus Dhani di Jakarta Selatan. "Jadi khususnya di Surabaya ya saya lihat perkembangan apakah saya harus sidang juga bergabung dengan tim," katanya.

Farhat Abbas mengklaim ditawari oleh Ahmad Dhani agar bisa menjadi kuasa hukumnya. Tawaran tersebut diterima Farhat saat menjenguk politikus Partai Gerindra itu di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, hari ini. Bahkan, kata dia, awalnya petugas menyangka alasan kunjungan itu karena kapasitas Farhat sebagai pengacara Dhani.

"Saya kan datang ke sini bukan untuk menjadi pengacara Ahamad Dhani tapi hanya untuk menjenguk," kata Farhat seusai menjenguk Dhani, Rabu.

Namun saat ditawari agar bisa memberikan pendampingan hukum ke Ahmad Dhani, Farhat mengaku tidak bisa menolak. Sebab, menurutnya seorang pengacara tidak boleh menolak permohonan kepada orang yang sedang bermasalah dengan hukum.

"Tapi namanya dia [Dhani] minta tolong sama saya, lawyer itu tidak boleh menolak. Sekalipun misalnya Ahmad Dhani tidak punya lawyer, dia wajib menggunakan lawyer," kata dia.

Sumber : Suara.com