Dina Hidayana Minta Pemerintah Angkat Penyuluh Pertanian Jadi ASN

Dina Hidayana (tengah) menyapa masyarakat (Istimewa)
06 Februari 2019 01:00 WIB Chelin Indra Sushmita Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Sektor pertanian harus menjadi prioritas perhatian pemerintah. Maklum saja, selama ini Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Jadi, pekerja di sektor ini semestinya diperjuangkan karena menyangkut hajat hidup banyak orang.

Seorang calon anggota legislatif, Dina Hidayana, meminta pemerintah memperhatikan nasib pekerja di sektor pertanian. Menurutnya, kehadiran penyuluh pertanian sangat penting karena sangat dekat dengan petani. Mereka berperan mendorong produktivitas pertanian, mentransfer ilmu, serta mengampanyekan pentingnya regenerasi pertanian.

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (5/2/2019), sektor pertanian tidak bisa diperlakukan secara privat. Dia berpendapat, pekerja di sektor pertanian pantas dijadikan aparatur sipil negara (ASN). Tak dapat dimungkiri, jumlah uang negara selalu terbatas dan menjadi pemerintah.

Ketika pemerintah mengatakan tidak punya cukup uang untuk mengangkat pegawai, maka yang terjadi sebenarnya tidaklah demikian. Negara tidak punya mampu membiayai ASN di sektor pertanian, tapi menggunakan uangnya untuk keperluan yang lain.

"Pertanyaan kita kenapa uangnya digunakan untuk yang lain? Apakah itu berarti yang lain itu lebih penting (menurut pemerintah) ketimbang sektor pertanian? Artinya, ini kembali lagi soal keberpihakan. Anggaran negara ini tergantung orientasinya mau ke mana. Bukan soal negara punya uang yang cukup atau tidak," terang Dina Hidayana.

Kolom 23 hours ago

Pesan dari Kyoto