Video Anak SD Bilang ke Jokowi Ingin Prabowo Menang, Ini Fakta Sebenarnya

Unggahan video di akun Facebook Komando Pusat Relawan 12 PAS.
05 Februari 2019 21:30 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Video atau foto hasil editan bermunculan di media sosial yang digunakan sebagai bahan propaganda menjelang Pilpres 2019. Kali ini, video salah satu agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu yang menjadi sasaran editing.

Di sebuah akun Facebook bernama Komando Pusat Relawan 12 PAS, Senin (4/2/2019), muncul sebuah unggahan video dengan keterangan tertulis "MANTUL ... MANtap beTUL". Dalam video itu sendiri muncul tulisan berbunyi "PILIHAN AKAL SEHAT #02". Isinya, Presiden Jokowi sedang berbicara di panggung bersama seorang anak SD bernama Rafi.

"Rafi, saya mau bertanya pada Rafi," kata Presiden Jokowi dalam video itu. "Iya," jawab bocah itu.

"Pengin jadi apa?" tanya Presiden. Lalu suara jawaban dari bocah itu berbunyi: "Pengin Prabowo menang, Pak." Selanjutnya, Jokowi meresponsnya dengan tersenyum lebar.

Hingga Selasa (5/2/2019) malam pukul 21.00 WIB, unggahan itu telah mendapatkan 1.300-an komentar dan dilihat hingga 478.000 kali. Unggahan itu juga telah 26.144 kali dibagikan. Lalu, benarkah isi percakapannya demikian? Benarkah bocah bernama Rafi itu menjawab demikian?

Penelusuran Solopos.com menunjukkan video itu merupakan potongan dari video rekaman saat Presiden Jokowi menghadiri peringatan Hari Anak Nasional di Pekanbaru pada 23 Juli 2017. Video yang asli telah diunggah oleh channel Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI pada 24 Juli 2017.

Saat itu, Presiden berpidato dan sempat menghibur anak-anak dengan permainan sulap. Dalam forum itu pula, memang benar Jokowi sempat berbincang dengan seorang anak bernama Rafi. Jokowi memang bertanya tentang cita-cita anak tersebut, namun jawaban sang bocah yang sebenarnya sama sekali berbeda dari unggahan di akun Komando Pusat Relawan 12 PAS itu.

Berikut percakapan sebenarnya Presiden Jokowi dengan Rafi pada 23 Juli 2017 itu.

"Saya mau bertanya pada Rafi, cita-citanya pengin jadi apa?" tanya Presiden. Rafi pun menjawab, "jadi Youtubers, Pak."

Jawaban Rafi kemudian direspons senyum riang dari Presiden dan riuh suara teman-temannya. "Ditanya jawabnya apa, 'jadi Youtubers, Pak'," kata Jokowi menirukan jawaban anak itu.

Lalu Rafi menimpali. "Kalau banyak subscribernya, kita bisa menghasilkan uang," kata Rafi.

Video asli momen tersebut bisa diakses di channel Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI berikut ini: