Foto Prabowo dan Logo Palu Arit, Asli Atau Editan? Cek Faktanya

Unggahan akun Facebook Politik Micin
05 Februari 2019 18:35 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Satu lagi foto yang beredar di media sosial menjelang Pilpres 2019. Kali ini di Facebook, beredar sebuah foto Prabowo Subianto bersama seseorang berbaju merah dengan logo palu arit. Benar atau salahkah isi foto tersebut?

Foto tersebut muncul di akun Facebook Politik Micin pada Minggu (3/2/2019). Pengunggah foto tersebut di akun Politik Micin menambahkan kalimat singkat sebagai keterangan yang berbunyi: "Ini buktinya Prabowo bersama cucu PKI". Pantauan Solopos.com hingga Selasa (5/2/2019) sore pukul 17.45 WIB, unggahan tersebut mendapatkan 35 komentar dan 57 kali dibagikan.

Sebagian komentar meyakini bahwa apa yang muncul dalam foto tersebut merupakan hasil editan. "Gimana rasa nya di fitnah pki dengan poto editan dan issue?? Marah??jengkel??" komentar pengguna akun Gwen Nakagawa. Ada pula yang menyarankan agar pengunggah foto tersebut meminta maaf. "Jgn sembarang memposting ganbar Editan di bendera Kartika Eka Paksi, ingat sekali2 jgn anda lakukan, minta maaflah kalo bisa," komentar pengguna akun Oppo Wahid.

Benarkah gambar yang diunggah akun Politik Micin tersebut memang hasil editan. Penelusuran Solopos.com menunjukkan foto tersebut memang hasil editing di beberapa bagian. Untuk menelusuri isi foto tersebut, Solopos.com menggunakan fasilitas Google Reverse Image untuk menemukan foto-foto yang serupa.

Hasil penelusuran tersebut memperlihatkan sebuah foto yang sangat identik, namun tanpa logo palu arit seperti unggahan akun Politik Micin. Foto asli tersebut muncul di laman www.gatra.com untuk melengkapi berita berjudul Puji Jokowi, Arief Poyuono Tak Khawatir Diprotes Prabowo Subianto yang terbit pada 9 Agustus 2017 lalu.

Foto asli di laman www.gatra.com

Foto tersebut berasal dari Antara yang menunjukkan Prabowo Subianto bersalaman dengan Arief Poyuono. Dalam foto itu, Arief yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra mengenakan baju merah namun tanpa logo atau gambar apapun. Sedangkan bendera merah di samping Prabowo sebenarnya merupakan bendera merah dengan gambar bintang berwarna emas, bukan gambar lain.

Kesimpulannya, foto yang diunggah Politik Micin tersebut merupakan hasil editan. Pelaku mengubah bagian bendera merah di samping Prabowo dan menambahkan logo kecil di dada Arief Poyuono.

Kolom 22 hours ago

Pesan dari Kyoto