Pendaftaran SNMPTN 2019 Resmi Dibuka, Pahami Tahapan dan Jadwalnya

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 (www.snmptn.ac.id)
04 Februari 2019 10:00 WIB Denis Riantiza Meilanova Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 resmi dibuka, Senin (4/2/2019). Bagi siswa yang lolos pemeringkatan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah bisa melakukan pendaftaran melalui laman https://web.snmptn.ac.id/ sejak pukul 08.00 WIB.

Pendaftaran dilakukan dengan cara login ke laman SNMPTN 2019 menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password.

Password yang digunakan adalah password yang sama dengan password sistem Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Bagi yang belum mendapatkan password silakan meminta kepada pihak sekolah. Demikian dikutip dari laman resmi SNMPTN.

Berikut adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2019:

1. Login dengan menggunakan NISN dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS.

2. Siswa melakukan pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN.

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN, mencakup: memilih PTN dan program studi, mengunggah foto, mengisi form pendaftaran, mengunggah bukti prestasi jika ada, menggunggah portofolio jika memilih program studi seni dan/atau olahraga.

4. Siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (setelah difinalisasi, pendaftaran tidak dapat diubah lagi; jika tidak difinalisasi, akan dianggap tidak mendaftar)

5. Siswa mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta

Dalam pendaftaran SNMPTN 2019, siswa pendaftar hanya diperbolehkan memilih maksimal dua program studi (prodi) dalam satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN. Perlu diperhatikan urutan pilihan PTN dan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Nantinya, siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan prodi. Bagi siswa pendaftar yang memilih prodi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Sedangkan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), siswa pendaftar hanya diizinkan memilih prodi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Sementara itu, jadwal kegiatan SNMPTN 2019 adalah sebagai berikut:

Periode pendaftaran oleh siswa pelamar 4-14 Februari 2019

Periode melengkapi pendaftaran oleh siswa pelamar 4-14 Februari 2019

Finalisasi pendaftaran oleh siswa 4-14 Februari 2019

Periode pencetakan kartu peserta SNMPTN 4-14 Februari 2019

Pengumuman hasil seleksi SNMPTN 23 Maret 2019

Sumber : Bisnis.com