Tepis Isu, Jokowi Bantah Tak Didukung JK

Joko Widodo (Jokowi) bersama Dewan Pengarah Jenggala Center Jusuf Kalla seusai Rapat Konsolidasi Nasional Jenggala Center di Jakarta, Minggu (3/2 - 2019). (Antara/Sigid Kurniawan)
03 Februari 2019 20:01 WIB Feni Freycinetia Fitriani Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menampik isu bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tak sepenuhnya mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan sambutan di depan ratusan relawan dalam acara Rapat Konsolidasi Nasional Jenggala Center di Hotel JW Luwansa. Dia ingin menegaskan bahwa JK mendukung Jokowi-Ma'ruf sejak awal.

"Tadi yang paling penting sudah jelas, hari ini sudah jelas. Jangan sampai ada isu-isu lagi. Pak JK sejak awal bantu mendukung kami," katanya, Minggu (3/2/2019).

Di kesempatan yang sama, JK yang juga Dewan Pembina Jenggala Center mengaku siap memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurutmya, Jenggala Center merupakan sebuah organisasi yang didirikan saat masa kampanye Pilpres 2014 dan bertujuan memenangkan pasangan Jokowi-JK. Organisasi ini berisi kumpulan relawan dari tingkat provinsi, wilayah, dan daerah.

"Ini kan kumpulan dari teman-teman baik, kami tentu siap [memenangkan Jokowi-Ma'ruf]. Kembali seperti 2014," ungkapnya.

Ketua Tim Nasional Jenggala Cente Iskandar Manji mengatakan Jenggala Center merupakan lembaga yang dirikan oleh JK menjelang Pilpres 2014. Pada saat itu, JK menjadi cawapres Joko Widodo.

Dukungan relawan Jenggala Center ke paslon nomor 01, lanjutnya, dilaksanakan sesuai arahan JK sebagai Dewan Pembina. Dia juga menepis isu bahwa JK mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Kalau ada isu atau ada orang yang menyebut Pak JK mendukung pasangan lainnya, itu tidak benar. Pak JK mendukung 100% pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin," tegasnya.

Dia menambahkan Jenggala Center saat ini tersebar di 27 provinsi di Indonesia. Dia bersama para relawan menargetkan kemenangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres kali ini. "Target angka 55%, maksimal 60 persen," ungkapnya.

Selain Jokowi dan JK, acara Rapat Konsolidasi Nasional Jenggala Center juga dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Sulsel Alex Noerdin.

Sumber : Bisnis/JIBI