Sejarah Hari Ini: 2 Februari 1653, Cikal Bakal New York Didirikan

Bangunan yang berdiri di New York sejak namanya masih Nieuw Amsterdam. (Wikimedia.org)
02 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 2 Februari 1653, Kota Nieuw Amsterdam didirikan di dekat Pelabuhan Fort Amsterdam. Kota tersebut merupakan kota yang kini dikenal sebagai New York di Amerika Serikat.

Pendirian Nieuw Amterdam itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 2 Februari dari tahun ke tahun. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 2 Februari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 2 Februari:

962
Otto I secara resmi dinobatkan sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi Suci. Otto I mengisi takhta tersebut setelah kosong selama 38 tahun sepeninggal Berengar I pada 924. Di tangan Otto I, Kekaiasaran Romawi Suci berhasil menguasai Kerajaan Francia Timur.

1536
Penjelajah asal Spanyol mendirikan permukiman di wilayah Argentina yang disebut Buenos Aires. Namun demikian, permukiman tersebut tak dihuni sampai 1580 karena kerap diserang penduduk asli di sekitar wilayah Buenos Aires. Kini, wilayah tersebut menjadi ibu kota Argentina.

Patung Cristovao da Gama di Lisbon, Portugal. (Wikimedia.org)
1542
Pasukan Portugal pimpinan Cristovao da Gama berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Adal yang dipimpin Ahmad bin Ibrihim Al-Ghazi di Amba Senayt, Tigray, Etiopia. Atas kemenangan itu, Portugal kemudian menguasai benteng pertahanan Kesultanan Ada di Amba Senayt.

1653
Kota Nieuw Amsterdam didirikan di dekat Pelabuhan Fort Amsterdam. Nama kota tersebut kemudian diubah menjadi New York kala dikuasai Inggris pada 1664. Kini, New York merupakan bagian dari Amerika Serikat (AS).

1914
Film pertama yang dibintangi Charlie Chaplin, Making A Living, untuk kali pertama ditayangkan di bioskop-bioskop Amerika Serikat (AS). Film tersebut kemudian disebut-sebut mampu melambungkan nama Chaplin di kancah film bisu.

1920
Rusia dan Estonia menandatangani Perjanjian Tartu di Tartu, Estonia. Perjanjian itu ditandatangani untuk mengakhiri Perang Kemerdekaan Estonia yang berlangsung sejak 28 November 1918. Dalam perjanjian tersebut juga disebutkan Rusia mengakui kemerdekaan Estonia tanpa syarat.

1943
Selang dua hari setelah pasukan Jerman di bawah pimpinan Marsekal Friedrich Nazar menyerah kepada Uni Soviet di Stalingrad, Uni Soviet, Pertempuran Stalingrad yang berlangsung sejak 23 Agustus 1942 dinyatakan berakhir. Sekitar 91.000 tentara Jerman menyerahkan diri langsung kepada Uni Soviet. Banyak pihak menilai kekalahan dalam Pertempuran Stalingrad merupakan awal dari jatuhnya Jerman di Perang Dunia II.

1950
Kegiatan akademik di Universitas Indonesia (UI) secara resmi dimulai. Presiden—saat ini disebut rektor—pertamanya adalah R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universitas Indonesia mulanya berada di gedung Fakultas Kedokteran di Jl. Salemba Raya No. 6, Jakarta kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta. Dengan dimulainya kegiatan di UI, 2 Februari 1950 kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran universitas tersebut.

Shakira Isabel Mebarak Ripoll. (Pinterest.com)
1977
Shakira Isabel Mebarak Ripoll lahir di Barranquilla, Kolombia. Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, penari, sekaligus aktris dengan nama panggung Shakira. Sejak 2011 lalu, wanita yang kerap tampil seksi itu menjalin hubungan dengan pemain sepak bola Barcelona, Gerrard Pique, yang tanggal dan bulan lahirnya sama dengan dirinya, namun 10 tahun lebih muda.

1987
Gerard Pique Bernabeu dilahirkan Barcelona, Catalonia, Spanyol. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Barcelona, sejak 2008 silam. Sejak 2011 lalu, pemain yang berposisi sebagai bek itu menjalin hubungan dengan Shakira dan telah dikaruniai dua anak.