Sejarah Hari Ini: 1 Februari 2003, Tahun Baru Imlek Jadi Hari Libur Nasional

Lampion Imlek di jembatan Kali Pepe sebelah barat Pasar Gede Solo, Minggu (27/1 - 2019) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)
01 Februari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Tahun Baru Imlek untuk kali pertama diperingati sebagai hari libur nasional di Indonesia, 1 Februari 2003. Sebelumnya, dari 1968-1999, pemerintah Indonesia melarang perayaan Tahun Baru Imlek di hadapan umum.

Selain peringatan Imlek di Indonesia, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 1 Februari setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 1 Februari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1329
Pasukan Teutonik yang dipimpin John dari Bohemia mengepung wilayah Medvegalis, Lituania. Hanya dalam waktu sehari, pasukan Teutonik berhasil menguasai wilayah Medvegalis. John dari Bohemia kemudian membaptis sekitar 6.000 tentara Lituania untuk menjadi pemeluk agama Katolik.

1662
Pasukan Dinasti Ming yang dipimpin Koxinga berhasil merebut wilayah Taiwan dari cengkeraman Belanda. Keberhasilan itu dicapai setelah pasukan Dinasti Ming melakukan pengepungan selama kurang lebih sembilan bulan.

Gunung Manyon di Luzon, Filipina. (Worldatlas.com)
1814
Gunung Manyon di Luzon, Filipina meletus dan menewaskan sekitar 1.200 orang. Letusan itu dianggap sebagai yang paling dahsyat dari Gunung Manyon sepanjang sejarah.

1942
Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan terhadap pasukan Jepang di Kepulauan Marshall dan Kepulauan Gilberts. Serangan itu merupakan yang pertama dilakukan AS di wilayah Pasifik Barat Daya selama Perang Dunia II.

1946
Parlemen Hungaria secara resmi mengumumkan penghapusan sistem monarki di negara tersebut yang sudah berjalan selama sembilan abad. Parlemen Hungaria kemudian memproklamasikan Hungaria sebagai negara republik.

Personel The Beatles yang terdiri atas Paul McCartney, George Harrison, Ringo Star, dan John Lennon (dari kiri ke kanan). (Thought.co)
1964
Untuk kali pertama, band asal Inggris, The Beatles, berhasil merajai tangga lagu di Amerika Serikat (AS). Lagu milik The Beatles yang berjudul I Want to Hold Your Hand menempati posisi pertama di tangga lagu terpopuler di AS.

1968
Perwira militer Vietnam Utara Nguyen Van Lem dieksekusi mati di Saigon dalam Serangan Tet. Eksekusi dilakukan Kepala Kepolisian Nasional Vietnam Selatan Nguyen Ngoc Loan dan direkam serta difoto oleh fotografer Eddie Adams. Rekaman itu kemudian menyebar dan semakin memicu banyak pihak menentang Perang Vietnam.

1984
Darren Barr Fletcher lahir di Dalkeith, Skotlandia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Manchester United, sejak 2003 sampai 2015. Kini, pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu membela Stoke City sejak 2017 lalu.

2003
Tahun Baru Imlek untuk kali pertama diperingati sebagai hari libur nasional di Indonesia. Sebelumnya, dari 1968-1999, pemerintah Indonesia melarang perayaan Tahun Baru Imlek di hadapan umum.

2007
Banjir mulai menggenangi wilayah Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan sebagian Banten. Banjir yang berlangsung sampai 11 hari itu menewaskan sedikitnya 54 orang. Kerugian diperkirakan mencapai Rp4,3 triliun. Sekitar 320.000 orang mengungsi akibat banjir tersebut.