Jangan Sampai Terjebak Traffic Tinggi, 4 Februari Segera Daftar SNMPTN

Ilustrasi ujian SBMPTN. (Ristekdikti.go.id)
31 Januari 2019 15:21 WIB Tamara Geraldine Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) saat ini menyusun pemeringkatan peserta SNMPTN yang sudah verifikasi hingga 3 Februari 2019. Peserta yang masuk peringkat disarankan segera mendaftar pada 4  Februari 2019 agar tak terjebak traffic tinggi.

Traffic tinggi biasanya terjadi pada masa akhir pendaftaran. Saat ini laman pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) telah ditutup. Sebanyak 1,3 juta siswa belum memverifikasi. Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto, mengatakan data LTMPT sampai Rabu (30/1/2019) pukul 18.00 WIB, ada 2.340.922 siswa yang mengisi data.

Dari jumlah itu, baru 955.781 siswa yang memverifikasi data. Sebanyak 1, 3 juta siswa belum memverifikasi data. "Jumlah siswa yang telah memverifikasi data di PDSS 2019 tahun ini meningkat. Pada tahun sebelumnya hanya 648.104 siswa. Pada tahun ini meningkat menjadi 955.781 siswa dari 2.340.922 siswa yang sebelumnya mengisi data di PDSS," ujarnya kepada Solopos.com melalui sambungan telepon, Rabu.

Setelah ini masih ada satu tahap lagi untuk resmi menjadi pendaftar SNMPTN. "Masih ada tahap pemeringkatan dan siswa yang masuk peringkat baru boleh mendaftar," ujar dia.

Ketua LTMPT, Ravik Karsidi, mengatakan siswa yang sekolahnya sudah mengisi PDSS, melakukan finalisasi, namun belum memverifikasi hingga Selasa pukul 10.00 WIB, secara otomatis terverifikasi oleh sistem LTMPT.

"Siswa yang memenuhi persyaratan tidak usah khawatir, akan diverifikasi otomatis oleh sistem LTMPT. Jadi data final siswa yang sudah verifikasi masih bisa bertambah," ujar dia.

Ia mengimbau para siswa menunggu hasil pemeringkatan oleh sistem LTMPT sampai Minggu. "Siswa yang telah masuk pemeringkatan diharap segera mulai mendaftar SNMPTN mulai Senin (4/2/2019). Siswa disarankan tidak mendaftar di waktu-waktu akhir pendaftaran untuk menghindari penumpukan pendaftar. [Risikonya] traffic dan load data yang tinggi," ujarnya.

LTMPT memperpanjang masa pengisian dan finalisasi data di PDSS sebagai bagian dari proses pendaftaran SNMPTN 2019. Perpanjangan waktu diberikan karena masih banyak sekolah yang hingga H-1 batas akhir, yakni Jumat (25/1/2019), belum juga mengisi data dan melakukan finalisasi data di laman PDSS.

Terjadi pula penumpukan input data secara bersamaan dan besar-besaran yang dilakukan sekolah di laman PDSS. Pada penutupan masa pengisian dan finalisasi PDSS, jumlah sekolah yang melakukan pengisian PDSS sebanyak 18.206 sekolah dan jumlah sekolah yang sudah melakukan finalisasi sebanyak 14.675 sekolah.