Sejarah Hari Ini: 21 Januari 1985, Serangan Bom Dera Borobudur

Gambar pada salah satu surat kabar yang menunjukkan kerusakan di Candi Borobudur akibat serangan bom. (Wikimedia.org)
21 Januari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 21 Januari 1985, serangan bom mendera Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Serangan teroris itu merupakan yang kedua melanda Indonesia di masa Orde Baru.

Polisi kemudian menetapkan nama Abdulkadir Ali Alhabsyi dan Husein Ali Alhabsyi sebagai pelaku yang kemudian menjelaskan otak pengeboman itu benama Mohammad Jawad alias Kresna. Namun demikian, sosok Mohammad Jawad belum ditemukan hingga saat ini. Peristiwa itu diduga dipicu masalah kebijakan pemerintah Orde Baru yang dianggap menyudutkan pemeluk Islam.

Serangan Bom di Borobudur itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 21 Januari dari tahun ke tahun. Berikut ini Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 21 Januari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Abel Janszoon Tasman. (Australianmuseum.net.au)
1643
Penjelajah berkebangsaan Belanda, Abel Janszoon Tasman, sampai di wilayah Kepulauan Tonga di Samudera Pasifik bagian selatan. Peristiwa itu menjadikan nama Tasman sebagai orang Eropa pertama yang menemukan Kepulauan Tonga.

1774
Abdul Hamid I secara resmi diangkat menjadi sultan di Kesultanan Ottoman. Abdul Hamid I dianggap sebagai salah satu pemimpin Kesultanan Ottoman yang paling lemah. Di masa kepemimpinannya, Kesultanan Ottoman dinyatakan kalah dalam Perang Rusia-Turki beberapa bulan setelah ia dinobatkan sebagai sultan.

1789
Novel berjudul The Power of Sympathy karya William Hill Brown diterbitkan di Boston, Amerika Serikat (AS). Novel tersebut kemudian diklaim sebagai novel pertama yang diterbitkan di AS. The Power of Sympathy mengisahkan perjuangan hidup karakter utamanya yang menghadapi beragam masalah moral.

1924
Vladimir Ilyich Ulyanov atau yang lebih dikenal sebagai Vladimir Lenin meninggal dunia akibat penyumbatan pembuluh darah. Sebelum meninggal dunia, Lenin memang mengalami strok dan kehilangan kemampuan berbicara sejak 1923. Semasa hidupnya, Lenin dikenal sebagai pemimpin pertama di Republik Sosialis Federasi Soviet (RSFS) Rusia sejak 1917 dan menjadi pemimpin Uni Soviet pertama sejak 1922 sampai kematiannya.

1925
Pemerintah Albania mendeklarasikan pemerintahan berbentuk republik. Hal itu sekaligus mengakhiri pemerintahan monarki Kepangeranan Albania yang berdiri sejak 1914.

1942
Pasukan Jepang menembak jatuh pesawat milik Belanda yang melintas di atas perairan Alalak, Sungai Barito, Banjarmasin. Peristiwa itu merupakan serangan pertama Jepang terhadap Belanda di wilayah Kalimantan Selatan.

1968
Pertempuran antara pasukan Vietnam Utara dan pasukan Vietnam Selatan yang dibantu pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di Khe Sanh, Provinsi Quang Tri, Vietnam Selatan. Pertempuran itu berlangsung hingga 8 April 1968 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Vietnam Selatan dan AS. Salah satu pertempuran di masa Perang Vietnam itu disebut-sebut merupakan yang paling banyak menyedot perhatian media.

Philip John Neville. (Jarrahotel.com)
1977
Philip John Neville lahir di Bury, Lancashire, Inggris. Ia kemudia dikenal luas sebagai peman sepak bola yang pernah membela Manchester United sejak 1995 hingga 2005 dan Everton dari 2005 sampai 2013. Saat masih di Manchester United, Philip Neville kerap dipasang sebagai pemain bertahan bersama kakaknya, Gary Neville.

2011
Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) berhasil menyelamatkan 21 awak kapal kargo asal Uni Emirat Arab yang diambil alih bajak laut di perairan dekat Korsel. Kapal tersebut diketahui membawa bahan-bahan kimia dari Uni Emirat Arab.