SBY Absen di Debat Capres-Cawapres Malam Ini

Susilo Bambang Yudhoyono. (Solopos/Dok)
17 Januari 2019 13:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tidak akan menghadiri sesi debat capres-cawapres yang akan digelar Kamis (17/1/2019) malam ini. SBY memilih menyaksikan debat dari kediamannya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengungkapkan SBY tidak memiliki jadwal untuk hadir ke lokasi debat berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta serta jadwal bertemu dengan Prabowo di kediaman Prabowo sebelum debat capres - cawapres. SBY lebih memilih menyaksikan pertarungan itu melalui siaran langsung televisi.

"Beliau akan ada di kediaman menyaksikan dari televisi saja siaran langsungnya debatnya nanti seperti apa jadi pak SBY dipastikan tidak hadir di ruang debat maupun di Kertanegara untuk bertemu pak Prabowo,“ kata Ferdinand di Prabowo - Sandiaga Media Center, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2019), sebagaimana dilansir Suara.com.

Padahal SBY telah mendapatkan undangan untuk hadir dalam acara debat sesi pertama tersebut sebagai Presiden ke-6 RI juga sebagai bagian dari timses Prabowo-Sandiaga. Namun Ferdinand mengatakan kalau kehadiran SBY tidak terlalu diperlukan dalam acara debat tersebut. Kemungkinan SBY akan hadir dalam sesi debat berikutnya.

"Untuk saat ini beliau merasa tidak perlu hadir di sana biar kesempatan juga untuk yang hadir di dalam bisa diwakili oleh yang lain-lain," ujarnya.

Sebagai gantinya, sejumlah petinggi partai Demokrat dijadwalkan akan menghadiri acara sesi debat pertama yang bertemakan Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme itu.

Ferdinand mengungkapkan kalau putera sulung SBY yang juga menjabat sebagai Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dijadwalkan hadir menyaksikan Prabowo - Sandiaga berdebat dengan lawannya secara langsung.

Selain itu, ada juga Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Panjaitan dan petinggi partai Demokrat lainnya yang juga akan hadir bersama AHY.

Sumber : Suara.com