Sejarah Hari Ini: 16 Januari 1945, Adolf Hitler Sembunyi di Bungker

Kondisi Furherbunker di Berlin, Jerman, 1947. (Wikimedia.org)
16 Januari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pemimpin Jerman Adolf Hitler pindah ke dalam bungker yang disebut Furherbunker di Berlin, Jerman, 16 Januari 1945. Keputusan Hitler itu diambil demi mengamankan diri dari serangan-serangan Sekutu. Pada waktu itu, Jerman sudah berada di ujung kekalahan dalam Perang Dunia II.

Sembunyinya Adolf Hitler itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 16 Januari. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

27 SM
Senat Romawi memberikan gelar Kaisar Augustus kepada Gaius Octavius Cesar. Penobatan Cesar sebagai kaisar itu menandai berubahnya sistem pemerintahan di Romawi dari republik menjadi monarki. Caesar lantas memimpin Kekaisaran Romawi hingga akhir hayatnya pada 19 Agustus 14 Masehi.

929
Bangsawan dari Kekhalifahan Umayyah, Abdurrahman III, mendirikan Kehalifahan Kordoba. Sayang, kekhalifahan tersebut tak bertahan lama dan runtuh pada 1031. Kini, Kordoba termasuk dalam wilayah kekuasaan Spanyol.

1547
Ivan IV Vasilyevich secara resmi dinobatkan sebagai tsar Rusia. Ia kemudian juga dikenal dengan nama Ivan yang Mengerikan. Julukan itu disematkan lantaran Ivan dikenal sebagai peimimpin yang keras.

Halaman depan Grammatica Antonii Nebrissensis. (Wikimedia.org)
1492
Tata bahasa Spanyol kali pertama dipaparkan di hadapan Ratu Kastilia, Issabella I. Tata bahasa itu terangkum dalam buku berjudul Grammatica Antonii Nebrissensis yang ditulis Antonio de Nebrija.

1707
Parlemen Skotlandia meratifikasi akta penyatuan yang disepakati dengan Inggris. Hal itu kemudian melapangkan jalan penyatuan Kerajaan Skotlandia dengan Kerajaan Inggris menjadi Kerajaan Britania Raya.

1780
Pasukan Angkatan Laut Inggris berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Spanyol dalam pertempuran di perairan dekat Tanjung Saint Vincent, Portugal. Di salah satu pertempuran pada masa Perang Inggris-Spanyol itu, Spanyol harus kehilangan satu kapal yang hancur, empat kapal yang disita Inggris, serta 2.500 tentara yang tewas dan tertangkap. Sedangkan Inggris hanya kehilangan 32 tentaranya yang tewas dalam pertempuran.

1878
Pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Filibe Sanjak, Edirne, Kesultanan Ottoman atau kini Plovdiv, Bulgaria. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Rusia-Turki itu, pasukan Kesultanan Ottoman harus kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan Rusia hanya kehilangan sekitar 1.300 tentaranya.

1900
Senat Amerika Serikat (AS) menyatakan kesediaannya mematuhi Perjanjian Inggris-Jerman 1899. Dalam perjanjian itu, AS bersedia melepaskan kekuasaannya di Kepulauan Samoa.

Nicklas Bendtner. (Reuters-Lee Smith)
1988
Nicklas Bendtner lahir di Kopenhagen, Denmark. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, dari 2005 sampai 2014. Kini, pemain yang berposisi sebagai striker itu membela salah satu klub sepak bola di Norwegia, Rosenborg BK.