Maskapai Sepakat Turunkan Harga Tiket Pesawat, Ini Rute yang Berlaku

Aktivitas di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur. (Bisni/Paulus Tandi Bone)
13 Januari 2019 19:30 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) menurunkan tarif tiket penerbangan atau tiket pesawat sejak Jumat (11/1/2019). Penurunan tarif itu berlaku untuk beberapa rute tertentu.

Penurunan tarif berlaku untuk rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar, dan lain-lain. Penurunan tarif serupa akan dilanjutkan pada rute penerbangan domestik lainnya menyusul keprihatinan masyarakat atas tinggi nya harga tiket.

Ari Askhara, Ketua Umum INACA, melalui pernyataan tertulis yang diterima Solopos.com, Minggu (13/1/2019), menyatakan penurunan tarif itu dilakukan setelah adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para stakeholder seperti AP1, AP 2, AirNav, dan Pertamina. Hari ini, Minggu, INACA melapor ke Kementerian Perhubungan di Jakarta.

"Ditengah kesulitan para maskapai kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan kami memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional serta keberlangsungan industri  penerbangan nasional tetap terjaga," kata Ari.

Ari Askhara menambahkan bahwa seluruh anggota INACA dan stakeholder penerbangan seperti pengelola bandara, AirNav, dan lain-lain telah membahas penurunan struktur biaya pendukung layanan bandara dan navigasi. Hal ini untuk menyesuaikan daya beli masyarakat.

Melalui penyesuaian struktur biaya layanan penerbangan tersebut, maskapai dapat melakukan penyesuaian sehingga dapat menurunkan tarif tiket penerbangan. Melalui penurunan tarif tiket penerbangan itu, INACA berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas.

"INACA memastikan penurunan tarif tiket penerbangan tersebut sesuai dengan koridor regulasi dan aturan tata kelola industri penerbangan nasional dan tetap mengutamakan keselamatan penerbangan dengan tetap meningkatkan pengawasan atas safety dan maintenance seluruh pesawat. Intinya penurunan tarif ini seluruh maskapai akan tetap dan terus meningkatkan safety penumpang.

Penurunan ini, kata Ari, merupakan bukti kepedulian INACA terhadap kebutuhan masyarakat atas aksesibilitas transportasi udara di tengah kesulitan maskapai nasional yang sudah cukup lama terjadi.

Sumber : Siaran pers INACA