Hujan-Angin, Pohon & Tiang Listrik di Manyaran Wonogiri Bertumbangan

Anggota TNI, Polri, dan warga mengevakuasi pohon tumbang yang menggangu jaringan listrik di Desa Gunungan, Manyaran, Wonogiri, Jumat (11/1 - 2019). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)
11 Januari 2019 23:05 WIB Cahyadi Kurniawan Nasional Share :

Solopos.com, WONOGIRI — Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kecamatan Manyaran, Wonogiri, Jumat (11/1/2019) sore, mengakibatkan enam pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun kerugian material ditaksir mencapai Rp30 juta.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pohon tumbang terjadi di enam lokasi di Kecamatan Manyaran sekitar pukul 15.00 – 15.30 WIB. Keenam lokasi itu antara lain satu pohon di depan Kantor Kecamatan Manyaran menimpa pagar kantor camat, pohon trembesi di Dusun Karanglor RT 001/RW 001 Desa Karanglor, menimpa kandang ternak milik Harjo Samin, dan satu pohon jati menimpa garasi milik Gatot Puryanto di Dusun Karanglor RT 002/RW 001 Desa Karanglor.

Di Karanglor, pohon jati menimpa kandang ternak milik Supardi. Lalu di Kelurahan Pagutan, pohon tumbang terjadi di Lingkungan Bogor dan Tawangrejo mengakibatkan atap rumah rusak ringan.

Akibat angin kencang, pohon tumbang juga terjadi di jalan Manyaran-Wuryantoro, tepatnya di Dusun Brambangan, Desa Gunungan. Pohon tumbang menimpa kabel listrik dan kabel telekomunikasi. Akibatnya, dua tiang listrik dan satu tiang telekomunikasi roboh.

“Sekarang sudah ditangani dan jaringan listrik dan komunikasi berfungsi normal kembali. Untuk kawasan pegunungan juga aman, tidak ada kejadian longsor,” kata Camat Manyaran, Rahmat Imam Santosa, saat dihubungi Solopos.com, Jumat malam.

Rahmat menjelaskan dampak cukup parah terjadi di Kelurahan Pagutan dan Desa Bero. Di Bero, pohon tumbang menimpa bangunan TK dan dua rumah warga di Dusun Bero. Pohon tumbang juga terjadi di Kepuhsari mengakibatkan sebagian kandang ternak rusak.

“Hujannya enggak deras tapi anginnya kencang. Pohon tumbang yang mengganggu akses jalan sudah ditangani warga bersama TNI. Sedangkan, kerusakan rumah atau kandang milik warga baru ditangani tahap awal. Penanganan lebih lanjut dengan kerja bakti dilanjutkan besok,” urai Camat.

Kolom 9 hours ago

Solo adalah Kunci