Kisah Formin Akter, Gadis Pengungsi Rohingya Jadi Mahasiswa Sukses di Bangladesh

Formin Akter (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
10 Januari 2019 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, CHITTAGONG – Sosok Hellen Keller yang merupakan penulis, politikus, dan dosen dari Amerika Serikat, menginspirasi seorang remaja Rohingya, Formin Akter, 18. Dia bersama ratusan ribu orang Rohingya mengungsi di Bangladesh setelah militer Myanmar membumihanguskan kampung halamannya di Rakhine.

Bagi Formin Akter, sosok Hellen Keller yang buta dan tuli dianggap sebagai sosok inspirator. Meski dalam kondisi yang serba sulit, Formin Akter tidak pernah melupakan cita-citanya menjadi pengacara. Dia ingin menginspirasi gadis Rohingya lainnya yang kehilangan kesempatan bersekolah.

Formin Akter gemar membaca. Gadis pemalu itu sangat antusias ketika diajak berbicara tentang buku. Dia berbeda jauh dengan gadis Rohingya lainnya yang buta huruf. Mayoritas gadis Rohingya yang tinggal di pengungsian Bangladesh menghabiskan waktu untuk memasak dan bermain. Ada pula sejumlah wanita muda yang telah menikah dan repot menggendong anak.

Diwartakan Reuters, Selasa (8/1/2019), Formin Akter berasal dari kelurga miskin Rohingya yang tinggal di Rakhine, Myanmar. Selama tinggal di pengungsian, dia belajar bahasa Inggris dan pelajaran lainnya secara mandiri. Ketekunan belajar membuatnya terpilih sebagai salah satu dari 25 orang yang mendapat beasiswa kuliah di Bangladesh.

Formin Atker merupakan satu di antara empat siswa yang lulus ujian di sekolahnya pada Maret 2017 lalu. Selama ini, dia dikenal sebagai siswi yang cerdas dan rajin belajar. Formin Akter bercita-cita kuliah bersama dengan kakaknya, Nur Jahan. Namun, takdir berkata lain karena Nur Jahan memilih menikah dan mengubur impiannya menjadi sarjana.

Kini, Formin Akter menjadi salah satu mahasiswa di perguruan tinggi Bangladesh. Kehidupan yang berubah membaik tidak membuatnya lupa kepada pengungsi Rohingya. Dia masih sering berkunjung ke pengungsian untuk memberikan motivasi kepada teman-temannya.