Posko Jokowi-Maruf & Prabowo-Sandiaga Nyaris Berhadapan di Solo

Jokowi dan Prabowo menunjukkan nomor urut dalam pengambilan nomor urut capres-cawapres di Gedung KPU, Jumat (21/9 - 2018) malam. (Reuters / Darren Whiteside)
10 Januari 2019 22:30 WIB Kurniawan Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Pergerakan menarik dua kubu pasangan capres-cawapres terjadi tiga bulan menjelang pelaksanaan Pilpres 2019. Bahkan, kantor posko kemenangan kedua kubu capres-cawapres nyaris berhadapan di Kota Solo.

Kantor Pusat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jl. Letjend Suprapto berdiri nyaris berhadapan dengan Posko Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin Kelurahan Sumber, Banjarsari, Kota Solo.

Kantor Pusat BPN Prabowo-Sandi rencananya diresmikan pada Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 08.30 WIB. Sedangkan Posko Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin akan diresmikan beroperasinya pada Kamis (10/1/2019) malam ini pukul 19.30 WIB.

Kamis siang, sejumlah pekerja tampak sibuk memasang peranti yang dibutuhkan saat peresmian, salah satunya memasang MMT raksasa di bagian luar ruko yang dijadikan kantor/posko kedua kubu. Jarak antara Kantor BPN Prabowo-Sandi dengan Posko Jokowi-Ma’ruf sekitar 50 meter.

Kantor dan posko itu sama-sama berada di bangunan ruko dan menghadap Jl. Letjend Suprapto Solo. Bila sedang berada di depan Kantor BPN atau Posko Pemenangan, masing-masing kubu bisa saling melihat aktivitas masing-masing.

Sedangkan jarak kantor BPN dan Posko Pemenangan dengan kediaman Jokowi di Sumber ditaksir hanya sekitar 700 meter. Berdekatannya jarak Kantor BPN Prabowo-Sandi dengan Posko Jokowi-Ma’ruf menarik perhatian warga.

Ketua Korda Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) Solo, Supadi, 60, selaku penanggung jawab persiapan Kantor BPN Prabowo-Sandi mengatakan persiapan peresmian kantor hingga Kamis siang sudah 60 persen.

“Kantor ini adalah kantor pemenangan nasional. Saat ini kami sedang lakukan persiapan peresmiannya. Sudah 60 persen. Besok sudah siap,” tutur dia.

Kantor BPN Prabowo-Sandi berukuran 12x7,5 meter persegi. “Kantor ini nanti kan ada ketuanya. Soal operasinya bagaimana itu bukan wewenang saya. Saya yang penting menyiapkan tempat ini agar siap saat diresmikan Jumat pagi. Yang nanti digunakan hanya lantai satu ini saja,” terang dia.

Menurut Supadi bangunan yang disiapkan sebagai Kantor BPN Prabowo-Sandi adalah milik warga Sumber yang juga pendukung Prabowo-Sandi, yaitu Agus Said. Karena itu, dia mengklaim tidak ada biaya sewa yang harus dibayarkan kepada Agus.

Sedangkan Plh Sekretaris PAC PDIP Banjarsari, Heni Prihartoyo, 41, mengatakan Posko Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Jl. Letjend Sutoyo merupakan posko tingkat Kelurahan Sumber. Posko berdiri di ruko milik kader PDIP setempat.

Dia menjelaskan dalam sepekan ke depan juga akan diresmikan posko-posko tingkat kelurahan di Banjarsari. “Atas instruksi DPC PDIP Solo, nanti di tiap kelurahan akan ada posko pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf,” ujar dia.

Ruko yang digunakan sebagai Posko Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Sumber berukuran sekitar 4x10 meter persegi. Tapi bangunan dua lantai tersebut akan dimanfaatkan penggunaannya termasuk ruang yang berada di lantai II.

Kolom 22 hours ago

Bahaya Lethong