Video Power Bank Meledak, Kabin Pesawat Ini Diselimuti Asap

Ilustrasi pesawat. (Reuters)
08 Januari 2019 04:00 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, HONG KONG — Penumpang pesawat Royal Brunei Airlines BI636 yang terbang dari Hong Kong ke Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Kamis (3/1/2018) sore, cukup panik saat asap mengepul di kabin. Ternyata, asap tersebut berasal dari power bank atau penyimpan daya milik salah satu penumpang yang meledak.

Peristiwa tersebut terekam kamera dan videonya viral di media sosial setelah diunggah pengguna akun Facebook Francis Ngu Hown Hua. Berdasarkan video yang diunggah, tampak sejumlah penumpang berdiri dari tempat duduknya saat kabin sudah diselimuti asap.

Namun, kru pesawat, termasuk pramugari, dengan tenang memadamkan api pada power bank yang meledak. Dengan cepat, api tersebut berhasil dipadamkan tanpa menambah kepanikan penumpang.

Dikutip dari Strait Times , Senin (7/1/2018), Royal Brunei Airlines membenarkan peristiwa yang sempat memicu kepanikan penumpang itu. Tak ada korban luka atau korban jiwa dalam peristiwa di pesawat tersebut.

Maskapai penerbangan yang berasal dar Brunei Darussalam itu menyatakan kru pesawat telah mengikuti standar operasi secara baik dan benar.

"Awak kabin kami telah dilatih untuk mengikuti prosedur operasi standar untuk menangani insiden semacam itu secara profesional dan untuk memastikan keselamatan para tamu kami setiap saat. Kami membawa peralatan keselamatan yang direkomendasikan di atas pesawat setiap saat," kata pihak Royal Brunei Airlines melalui pernyataan tertulisnya.

Di sisi lain, video detik-detik kabin pesawat diselimuti asap itu kini telah viral di media sosial. Tak kurang dari 4.900 netizen telah membagikan video tersebut.